KABAR BIREUEN-Universitas Almuslim Peusangan, Kabupaten Bireuen, memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad, SAW, bertempat di kampus timur, Senin ( 16/1/2023).

Kegiatan peringati maulid tahun ini bertepatan juga dengan Hari Jadi Umuslim XX.

Ketua panitia pelaksana maulid Hakim Muttaqin, M.Ec.,Dev melaporkan, kegiatan maulid dirangkai penyerahan santunan bagi sejumlah anak yatim anak warga yang berasala dari gampong sekitar kampus.

“Jumlah undangan yang kita sebar sekitar empat ribu lebih undangan dari berbagai kalangan dan juga dirangkai tausyiah agama yang disampaikan oleh seorang alumni Umuslim yaitu Muhammad Zulfadhli Alfasiy, MPd atau lebih dikenal dengan nama Fadli Aksi,” jelas Hakim Muttaqin.

Kemudian Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Dr Marwan, MPd disela-sela acara Maulid Nabi Besar Muhammad SA digelar bersamaan dengan peringatan hari jadi Umuslim ke-20 (15 Januari 2003 – Januari 2023).

Menurut Marwan, tujuan memperingati maulid Nabi Muhammad SAW ini untuk mengenang kembali risalah Rasulullah, semoga kita semuanya dapat meneladani contoh-contoh kehidupan Rasulullah,” jelas Marwan, anak Tgk Abdul Hamid Krueng Simpo ini.

Harapan Marwan, peringatan Maulid Nabi ini tidak hanya dilaksanakan saja rutinitas, dan sudah menjadi budaya.

Tetapi harapannya kepada anak muda khususnya mahasiswa dan kita semua bisa mencontoh keteladanan dari pada Rasullullah SAW.

Dalam kegiatan ini digelar kenduri syukuran dan memberi santunan kepada anak yatim.

Marwan menjelaskan selama dua tahun menjadi Rektor Umuslim, bersama jajaran telah melaksanakan berbagai program-program tri dharma perguruan tinggi.

Seperti dibidang pendidikan dan pengajaran banyak meraih prestasi diperoleh kampus, baik dari prestasi dosen seperti memenangkan hibah penelitian berupa hibah pengabdian kepada masyarakat.

Ataupun hibah-hibah lainnya melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) seperti magang dosen, transfer dosen, transfer kredit mahasiswa antar perguruan tinggi se-Indonesia, dan ke Jepang.

“Ini merupakan suatu prestasi yang diraih, sehingga hari ini kita bersyukur terhadap rahmat dan nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT,” ungkap Rektor Umuslim. (Herman Suesilo)