KABAR BIREUEN-Siswa-siswi kelas IX SMP Negeri 2 Peusangan, Kabupaten Bireuen, melaksanakan ujian semester satu, tahun 2019, menggunakan dua metode.

Yaitu CBT (Computer Based Test /Ujian Berbasis Komputer) dan PBT (Paper Based Test / Ujian Berbasis Kertas).

Kepala SMPN 2 Peusangan, Andrian S. Pd, M. Pd, di ruang kerjanya, Rabu (11/12/2019) kepada Kabar Bireuen mengatakan,Ujian mengunakan metode CBT ini, bagi siswa kelas IX, bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran kepada siswa.

Selain itu, untuk memudahkan saat mereka menjalani ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada bulan April mendatang.

Dijelaskan,Pada ujian semester satu ini, ada sepuluh mata pelajaran (mapel) yang di ujiankan, khusus bagi siswa kelas IX, ada empat mapel yang mengunakan metode Computer Based Test.

Yaitu mapel Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Sementara, enam pelajaran lainnya, seperti mapel PAI, PKN, penjas Kes, Prakarya, Seni Budaya dan IPS mengunakan metode Paper Based Test.

Disebutkan, ada 144 siswanya kelas IX yang ikut ujian mengunakan metode CBT ini secara online penuh, selain mengunakan komputer yang telah disediakan oleh pihak sekolah di ruang laboraturium komputer.

Ada juga siswa menyelesaikan soal ujian, mengunakan android ataupun dengan laptop pribadi,

“Aplikasi ini disediakan oleh MKKS SMP,” jelas Andrian.

Ujian semester satu, bagi siswa kelas VII, VIII dan IX tingkat SMP dalam Kabupaten Bireuen, serentak dilaksanakan setiap hari pukul, 07.30 WIB, selama seminggu, mulai 7 Desember 2019.

“Seluruh mapel yang diujiankan, untuk kelas VII dan VIII mengunakan metode Paper Based Test,” jelas Kepala SMPN 2 Peusangan ini. (Herman Suesilo).

BAGIKAN