KABAR BIREUEN-Gerakan Masker Sekolah (Gemas), bukan hanya kegiatan bagi-bagi masker, tapi ini lebih menanamkan kembali penerapan tatanan hidup baru kepada siswa-siswi sekolah.

Selain itu, membekali mereka dengan pengetahuan tentang bagaimana penularannya dan cara cegah Covid-19 dengan mengikuti protokol kesehatan.

Hal ini dikatakan Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH, M.Si kepada wartawan disela-sela kegiatan memakaikan masker secara simbolis pada siswa dan guru, di beberapa sekolah dalam rangkaian kegiatan Gemas di SMPN 2 Bireuen, SMAN 2 Bireuen dan MAN 2 Bireuen, Rabu. (2/12/2020).

Bupati Bireuen menjelaskan, Gemas merupakan program yang diluncurkan Pemerintah Aceh, dimana secara serentak, memakaikan masker kepada 1.081.174 siswa di Aceh.

Gerakan ini, bertujuan, agar siswa semua jenjang, senantiasa memakai masker dalam setiap keluar rumah dan saat beraktivitas di sekolah, sehingga potensi tertular dan menularkan virus bisa dihindari.

“Kita berharap selain masyarakat, kepala sekolah, tenaga pendidik dan siswa, setiap ke luar rumah dan beraktivitas di sekolah selalu memakai masker,” kata Bupati Muzakkar.

Pemerintah Bireuen menyambuat baik program Gemas ini dan ucapan terimakasih kepada Gubernur Aceh atas program ini, diharapkan semoga kasus Covid-19 di Bireuen, terus menurun.

“Sehingga dari zona merah bisa kembali ke zona hijau, agar pada tahun 2021 nanti, para siswa semua jenjang bisa belajar secara bertatap muka, seperti biasanya,” harap Bupati Bireuen ini.

Sementara itu, di hadapan siswa MAN 2 Bireuen, Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi, menegaskan, bahwa Covid-19 itu ada, jadi kalau ada oknum yang mengatakan Covid itu, tidak ada, itu tidak benar.

Salah satu bukti bahwa covid itu ada, yakni dirinya dan Bupati Bireuen, pernah positif covid dan menjalani isolasi mandiri.

“Alhamdulillah, sekarang kami sudah sehat, dan kembali beraktivitas seperti biasa,” sebutnya.

Kapolres Bireuen berpesan, kepada masyarakat umumnya dan para siswa khususnya, untuk selalu mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah pandemi Covid-19.

“Kita berdoa supaya covid-19 ini, secepatnya berakhir,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala DPMG Aceh, Azhari SE, M.Si, selaku Tim Gemas dihadapan siswa dan guru SMA Negeri 2 Bireuen, berharap sosialisasi tentang protokol kesehatan harus terus ditingkatkan.

Langkah ini dinilai sangat penting sebab pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, tapi juga menganggu sektor lainnya.

Kegiatan memakaikan masker secara simbolis pada siswa dan guru, dilakukan secara bergilir, diawali oleh Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar Agani SH, M.Si, kemudian Kepala DPMG Aceh, Azhari SE, M. Si Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi, Kadisdikbud Bireuen Drs M Nasir M. Pd.

Selanjutnya, Kadis Kesehatan Bireuen dr Irwan A Gani, Kepala DPMG Bireuen Mulyadi SH. Kakanmenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris M.Pd dan Kakancabdindik wilayah Bireuen, T. Murthada. (Herman Suesilo).