KABAR BIREUEN – Anggota DPD RI, H. M. Fadhil Rahmi, Lc mengunjungi calon mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir asal Aceh yang sedang mengikuti pelatihan bahasa Arab di Universitas Asysyafiiyyah, Jatiwaringin, Jakarta, Minggu (6/10/2019).

Pelatihan ini bertujuan untuk memantapkan persiapan calon mahasiswa, sebelum berangkat ke Mesir.

Fadhil Rahmi dalam rilisnya kepada Kabar Bireuen, menyebutkan, tahun ini terdapat 15 calon mahasiswa dari Aceh yang lulus tes kuliah ke Universitas Al-Azhar Mesir melalui jalur Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA).

PUSIBA merupakan lembaga yang berada di bawah organisasi alumni Universitas Al-Azhar  di Indonesia yang mendapat mandat resmi dari Universitas Al-Azhar untuk menyelenggarakan  pelatihan bahasa Arab untuk calon mahasiswa Universitas Al-Azhar.

“Tahun-tahun sebelumnya, pelatihan bahasa untuk calon mahasiswa Al-Azhar yang lulus tes nasional dilaksanakan di Mesir. Alhamdulillah tahun ini sudah ada di Indonesia. Target kita, PUSIBA bisa kita hadirkan di Aceh,” jelas Fadhil Rahmi yang didampingi Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh, Muhammad Fadhilah.

Pelatihan bahasa ini, menurut Fadhil, sudah dimulai sejak Juli lalu dan akan berakhir pada November mendatang.

Sementara itu Ketua IKAT Aceh, Muhammad Fadhilah, menyebutkan, semua calon mahasiswa Universitas Al-Azhar asal Aceh akan berangkat ke Mesir pada November mendatang. Nanti mereka didampingi pengurus IKAT Aceh.

“Sekarang sudah mulai pengurusan visa dan syarat-syarat lain,” katanya. (Najib Zakaria)