KABAR BIREUEN-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bireuen menggelar Kursus Mahir Dasar (KDP) bagi Pembina Pramuka tingkat SMP se Kabupaten Bireuen.

Kegiatan tersebut dibuka Kadisdikpora Bireuen, Drs M. Nasir M.Pd itu dilaksanakan di Hotel Bireuen Jaya, Bireuen, Senin (27/10/2019).

M. Nasir dalam arahannya mengatakan dikeluarkan Permedikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan, maka menjadi suatu kewajiban, ekstra kulikuler wajib di sekolah dasar dan menengah dan sederajat.

Dengan Kursus dasar ini, dapat menanamkan nilai nilai kemandirian, kepedulian membentuk karakter bangsa yang baik.

Sebelum membimbing para pramuka maka guru harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan tentang pramuka.

“Penerapan kepramukaan penting, sama pentingnya dengan sikap kepribdian dan watak peserta didik yang seutuhnya, bertaqwa, berbudi pekerti luhur, punya ketrampilan dan beraklak mulia,” sebut M.Nasir.

Apapun yang diperoleh dalam kursus ini harus bisa diterapkan baik dari dalam ruangan kelas dan di luar ruangan atau praktek.

Rencananya, kepala sekolah juga akan diberikan kursus dasar pramuka, pihaknya sangat mendukung 100 persen, kalau kepsek dan guru paham tentang pramuka, maka peserta didik lebih paham lagi.

“Saya minta peserta serius mengikuti kursus ini. Gali potensi yang dipunyai kakak pembina, bukan hanya tugas di lingkup sekolah saja,” pesannya.

M. Nasir juga meminta nantinya pramuka membantu masyarakat, dengan memberikan penyuluhan, bantuan secara fisik, moral, dan bantu saat bencana alam serta menyampaikan program pemerintah yang masih tersendat.

Tugas pokok pramuka untuk membentuk karakter, apa yang diperoleh selama kursus dapat diterapkan baik di sekolah maupun di masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia, Zamzami S.Pd menyebutkan, dengan kursus ini diharapkan ada perubahan karakter bagi guru dan kegiatan pramuka aktif kembali di sekolah.

Kegiata tersebut bertemakan kembangkan potensi diri mewujudkan kompetensi Pramuka yang berkualitas dan berkarakter.

“Dilaksanakan selama enam hari , mulai 7-12 Oktober 2019, dimana pada 7-9 Oktober diadakan di Hotel Bireuen Jaya, sementara 10-12 Oktober 2019 dalam bentuk praktek di lapangan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu, Bireuen,” sebut Kabid Pembinaan SMP tersebut.

Kegiatan tersebut diikuti 55 peserta, terdiri dari 36 laki-laki dan 19 perempuan.

Tampak hadir pada acara tersebut, Kepala Pusdiklat Cabang Bireuen, Marzuki HS, Pelatih Cabang Bireuen Hermanto, SP dari Kwartir Daerah Aceh, Usdami, Kwartir Cabang. (Ihkwati)

BAGIKAN