KABAR BIREUEN-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olagraga (Disdikpora) Kabupaten Bireuen melaksanakan Bimbingan Teknis untuk Operator Dapodik Sekolah SD, SMP dan PAUD di Kabupaten Bireuen.

Kegiatan Bimtek Operator dilaksanakan selama 3 hari mulai 29- 31 Agustus 2019 dan dibuka secara resmi oleh Kadisdikpora Bireuen  Drs. M. Nasir, M.Pd, Kamis (29/8/2019) di Aula Lama Setdakab Bireuen.

Kadisdikpora Drs. M.Nasir, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, Bimtek Operator Sekolah difokuskan pada dua hal yaitu, pada Validasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan  keterpaduan sistem pengelolaan tunjangan guru dan tenaga kependidikan pusat dan daerah.

“Bimtek ini sangat penting untuk dilaksanakan, mengingat data dapodik sekolah menjadi satu satunya pendataan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pemanfaatannya untuk berbagai macam program kegiatan- kegiatan di kemterian itu sendiri. Seperti penyaluran dan BOS, penyaluran tunjangan sertifikasi guru, bantuan sarana dan prasarana dari pusat, penyaluran PIP, data individu siswa dan lain lain,” jelasnya.

Oleh karenanya, Dapodik sekolah harus benar-benar dapat menampilkan dan mamberi gambaran yang jelas, valid dan reabilitas yang sesuai dengan kondisi rill tentang data data yang disebutkan di atas.

“Disebabkan begitu urgennya Bimtek ini, kami dari Disdikpora langsung menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tujuannya adalah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan serta pengalaman pengalaman dari pusat. Semoga kegiatan ini memberi manfaat lebih terutama dalam pengelolaan data pendidikan di Bireuen,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan SD, Surya, S.Pd  M.Pd  yang juga sebagai ketua penyelenggara dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini telah digagas pada awal tahun 2019 yang lalu, namun baru terlaksana setelah rilis Aplikasi Dapodik terbaru Versi 2020.

“Bimtek Operator diikuti oleh 329 sekolah SD, SMP dan PAUD/TK,” ujarnya .

Kegiatan dilaksanakan dalam dua tahap pada hari pertama dan kedua pemaparan dan bimbigan tentang penambahan dan perubahan-perubahan pada berbagai regulasi yang terakomodir dalm Menu Aplikasi Dapodik versi 2020, dan aturan serta regulasi terbaru menyangkut tata kelola tunjangan guru dan tenaga kependidikan tahun 2019.

Pada hari ketiga akan dilaksanakan Rekonsiliasi Desk dan Update terbimbing dapodik semua sekolah untuk disingkronkan.

“Bireuen adalah kabupaten pertama di Indonesia yang mendapat kesempatan dan  diizikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mendapat bimbingan oleh Tim pusat setelah Aplikasi dapodik versi 2020 di launching (rilis ) oleh kementerian. Ini merupakan sebuah penghargaan yang luar biasa kepada pemerintah Kabupaten Bireuen khususnya kepada Disdikpora  Bireuen,” sebut Surya.

Sehingga, tambahnya lagi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengirim dan mengutuskan ke Bireuen dan ini patut disyukuri bersama.

Pembukaan Bimtek Operator turut di hadiri oleh kepala bidang di lingkungan Disdikpora Bireuen.

Program Bimtek Operator Sekolah Disdikpora Bireuen menghadirkan narasumber dari Kementerian dan Kebudayaan RI di Jakarta yaitu Penanggung Jawab Dapodik Disdasmen Sekretariat Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Selain itu juga dari Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan sebagai pengelola sekaligus penanggung jawab Tunjangan Guru dan Tenaga Kependidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Ihkwati)