KABAR BIREUEN – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Veteran Nasional ke-70 tingkat Provinsi Aceh tahun 2019 digelar di Kabupaten Bireuen.

Kegiatan yang diikuti ratusan veteran yang bergabung dalam Legiun Veteran Provinsi Aceh itu berlangsung di halaman Meuligoe Bireuen, Selasa (24/9/2019).

Inspektur upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun Veteran Nasional ke-70 Tingkat Provinsi Aceh, adalah sekda Bireuen, Ir Zulkifli Sp. Sementara Komandan Upacara, Mayor Arm Ranna Safriadi Kasdim 0111 Bireuen.

Pembacaan Kode Etika Kehormatan Legiun Veteran Republik Indonesia AR Djoeli, Ketua DPC Legiun Veteran Kabupaten Bireuen.

Inspektur upacara Zulkifli dalam sambutannya, membacakan amanat Ketua Umum DPP Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Letjen TNI (Purn) Rais Abin, menyebutkan, untuk menghormati veteran yang telah cukup berjasa dalam Negeri Republik Indonesia, maka diadakan upacara walaupun sudah terlambat.

“Pertempuran untuk merebut kemerdekaan dari penjajah pada 10 Agustus 1945, oleh Presiden Republik Indonesia Soekarno, ditetapkan sebagai Hari Veteran Republik Indonesia,” katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Legiun Veteran Provinsi Aceh, Kolonel (Purn) HM Jakfar Karim, dalam ramah tamah dengan Veteran Aceh yang hadir di Bireuen, membacakan sejarah perjuangan dan juga peran veteran dalam kemerdekaan RI.

Pada kesemapatan itu, juga dibacakan sambutan Pangdam Iskandar Muda yang diwakili Kolonel Teguh Wilyono.

Acara pemberian bingkisan kepada sejumlah veteran yang telah almarhum. Mereka diwakili masing-masing keluarga Kol HM Husein Yusuf, Mayor Yusuf Ahmad, Keuchik Mahmud Blang Keutumba dan Yusuf Arifin.

Upacara peringatan Hari Veteran Nasional ke-70 tersebut, selain diikuti veteran, juga anggota TNI/Polri, PNS, pelajar serta ormas. (Ihkwati)

BAGIKAN