KABAR BIREUEN-Gampong Tanjong Paya, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, merupakan salah satu Gampong dari 45 gampong dalam Kecamatan Peusangan yang telah mendirikan Posko Satgas Gampong Aman Covid-19 pada Sabtu 17 April 2021.

Keuchik Tanjong Paya, Subarni, disela-sela peresmian Posko Gampong Aman Covid-19 menyebutkan, Posko Satgas Gampong Aman Covid-19 nantinya akan melaksanakan kegiatan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bersekala Mikro.

“Pendirian Posko Gampong Aman Covid-19, juga sebagai langkah kita dalam rangka mendukung kegiatan pengendalian penyebaran Covid-19 sebagaimana arahan pemerintah, yang mana untuk kegiatan ini kita sudah menganggarkan dana sebesar 8% dari APBG,” jelasnya.

Dikatakan Keuchik Subarni, akan ada beberapa kegiatan lainnya yang juga difokuskan kepada penanganan Covid-19 serta juga permasalahan kesehatan lainnya.

Sesuai instruksi Mendagri pelaksanaan PPKM Mikro dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria zonasi pengendalian wilayah, hingga ketingkat dusun, mulai zona hijau sampai zona merah dengan strategi pengendalian masing-masing sesuai dengan zona.

Terhitung sudah ada 45 gampong dalam Kecamatan Peusangan yang telah melakukan pendirian Posko Gampong Aman Covid-19, yang terus dipantau pelaksanaannya dengan melibatkan mitra kerja seperti Babinsa, Bankantibmas serta Pendamping Desa.

Penggunaan anggaran untuk kegiatan ini juga sesuai dengan arahan pemerintah pusat, dalam rangka mengendalikan penyebaran Covid-19 di tingkat desa.

Pengawasan terkait penggunaan anggaran ini tentunya menjadi tanggungjawab kita bersama, agar program yang telah direncanakan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Pendirian Posko tersebut berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 03 Tahun 2021 Tentang PPKM Mikro dan pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.(Rahmadsyah Harahap/Jurnalis Warga)