KABARBIREUEN – Desa Cot Puuk, Kecamatan Peusangan, Bireuen dilaunching sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Launching digelar di meunasah desa setempat, Senin (30/09/2019).

Iqbal mewakili Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Lhokseumawe berterima kasih kepada Pemkab Bireuen atas segala bentuk dukungan.

Launching sudah dilakukan di dua desa di Kabupaten Bireuen yaitu Desa Bandar Bireuen, Kota Juang dan Desa Puuk Kecamatan Peusangan.

Dikatakannya, hingga September 2019 peserta jamsos ketenagakerjaan di Bireuen dari pegawai honorer 350 orang, dan sudah 327 desa di Kabupaten Bireuen menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan peserta 2.900 orang lebih.

“Dengan launching ini, kami ingin memberikan pemahaman kepada semua pihak akan pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Harapan launching ini menjadi motivasi bagi desa lain,” harapnya.

Disebutkan, pentingnya BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya kepada pekerja sektor industri. Tetapi juga kepada pekerja informal seperti petani dan pedagang.

“Biaya sebulan sangat murah, bagi laki-laki kiranya satu hari tidak beli rokok cukup untuk sebulan iuran, bagi ibu-ibu sekali tidak makan bakso cukup untuk iuran sebulan, iuran sebulan hanya belasan ribu rupiah,” ucap Ikbal.

Sementara itu, Asisten II Setdakab Bireuen, Ir Ibrahim Ahmad M.Si mewakili Bupati Bireuen menyampaikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan yang telah memilih Desa Cot Puuk, Peusangan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan di Desa Bandar Bireuen, Kecamatan Kota Juang, BPJS Ketenagakerjaan merupakan hak sekaligus kewajiban bagi setiap pekerja sesuai amanat UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS,” katanya.

Ibrahim berharap dengan Launching Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat desa akan pentingnya jaminan sosial untuk melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya termasuk aparatur desa.

Launching Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan itu turut dihadiri Kepala BPJS Ketenagakerjaan Perintis Bireuen Yulia Agustina, perwakilan pejabat dari Kejari Bireuen dan undangan lainnya. Dirangkai penyerahan secara simbolis jaminan kematian kepada sejumlah ahli waris . (Desta Fauziana)

BAGIKAN