KABAR BIREUEN-Mencegah penularan Covid-19, mahasiswa KKN Kelompok 361 Universitas Malikussaleh Lhokseumawe membagikan masker pada masyarakat Gampong Bandar Bireuen, Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Senin (9/11/2020).

Banyak upaya yang telah dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 ,mulai dari cuci tangan,menjaga kebersihan dan juga menjaga jarak yang pastinya tidak boleh dilewatkan adalah memakai masker sebagai perlindungan saat akan keluar rumah.

Namun faktanya masih banyak warga yang tidak memakai masker di karnakan berbagai macam alasan.

Melihat kondisi ini mahasiswa KKN Kelompok 361 Unimal berinisiatif untuk membagikan masker gratis kepada masyarakat di sekitar Gampong Bandar Bireuen. Kegiatan mulia ini juga tidak dilakukan sendiri melainkan di dampingi oleh aparat kepolisian setempat.

Kegiatan Mahasiswa KKN Kelompok 361 yang dibina Sutriani, S. Sos.,M.Sp yang terdiri dari lima mahasiswa Universitas Malikussaleh yaitu, M.David Khalid (Sistem Informasi), Erlangga Dwi Putra,(Sistem Informasi), Fauzan Arobi(Sitem Informasi), Nakaturi Putri Utari (Ilmu Hukum), Dira Fajria (Akuakultur).

Ketua KKN Kelompok 361, M. David Khalid mengharapkan semua masyarakat agar tetap menjaga kebersihan diri maupun lingkungan,disamping itu kita harus selalu menggunakan masker untuk melawan covid19.

“Ada banyak cara untuk menjadi berguna bagi nusa dan bangsa contohnya dengan mematuhi protokol kesehatan covid, oleh karena itu setiap anggota dalam grup saya ini wajib bagikan masker bagi masyarakat yang sedang kedapatan tidak memakai masker,” kata David.

Disisi lain Wakil Ketua Kelompok KKN 361 Unimal, Erlangga Dwi Putra meminta warga tidak boleh lengah akan keadaan dan menganggap remeh akan covid19,

“Jangan berhenti sampai di sini kita harus tetap selalu waspada dan tetap gunakan masker dimanapun berada, sebab kalau bukan kita yang mencegah, siapa lagi? Kesehatan itu mahal harganya,” sebutnya.

Kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker ketika beraktifitas dan saat berada di luar rumah merupakan suatu langkah yang penting dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Banyak respon positif yang didapat dari warga sekitar dengan adanya kegiatan ini. Mereka arga mengharapkan kegiatan ini seharusnya dilakukan sesering mungkin,karena tidak semua warga mampu untuk membeli masker yang sesuai dengan anjuran pemerintah.(REL)

BAGIKAN