KABAR BIREUEN– Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-34 tingkat Kecamatan Kutablang resmi dibuka, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an
dan ditandai penekanan tombol Sirine acara berlangsung di halaman Masjid Besar Al-Ikhlas, Jumat malam (23/11/2018)

Dalam sambutannya Camat Kutablang Mukhsen S.Ag mengucapkan terima kasih kepada para keuchik dan panitia serta segenap lapisan masyarakat yang telah ikut berpartisipasi secara bersama-sama dalam rangka menyukseskan MTQ Ke-34 di tingkat Kecamatan Kutablang tahun 2018 ini.

“Tentunya pelaksanaan MTQ bukan hanya sekedar bermakna sebagai peneguh syariat islam saja, tetapih lebih jauh yang diharapkan agar menjadi barometer untuk mengukur hasil atau autqam dari kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang berlansung di masyarakat yang tersebar di wilayah Kecamatan Kutablang,” sebutnya.

“Selain itu, juga menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama di bidang keagaman atau pencerahan rohani dan cahaya kedamaian serta mewarnai akhlaqulkarimah masyarakat hingga saat ini,” jelasnya.

Al Quran merupakan kitab suci bagi umat Islam yang tak hanya sekedar dibaca, tetapi wajib bagi kita untuk mengamalkan ajaran yang terkandung di dalamnya.

“Selanjutnya kita berharap kepada dewan hakim yang sudah diberikan kepercayaan untuk menilai MTQ ini sesuai dengan sumpah yang telah di ucapkannya. Semoga dengan hasil penilaian yang diberikan, akan melahirkan qari dan qariah,hafis dan hafizah, murattil dan murratillah serta jawara lainnya dari masing-masing cabang untuk mewakili kecamatan kutablang di acara MTQ tingkat kabupaten Bireuen pada tahun 2019 nantinya,” harapnya.

Sementara itu Kadis Syariat Islam Jufliwan SH.,MM mewakili Bupati Bireuen Dalam sambutan, mengatakan rasa senang dan terharu dengan pelaksanaan MTQ di tingkat Kecamatan.

Menurutnya,kegiatan MTQ sedang berlangsung di seluruh kecamatan dalam kabupaten Bireuen, ini wujud semangat dalam menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an serta sebagai wadah seleksi di tingkat kecamatan untuk diikutsertakan di even MTQ Kabupaten.

Kecamatan Kutablang, sebutnya,  pernah mendapatkan juara umum beberapa tahun lalu,namun diharapkan pada even MTQ tingkat kabupaten tahun 2019 nantinya dapat kembali diraih oleh Kutablang sebagai Juara Umum

“MTQ ini, juga diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari, menggali, dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran melalui kegiatan ini generasi kita diharapkan lebih Qur’ani,” ujarnya

Dilajutkan pelantikan Dewan Hakim dan diakhiri dengan pembacaan Doa oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KAU) kecamatan Kutablang

Hadir pada pembukaan MTQ tersebut, Kapolsubsektor, Danposramil, para imum mukim,para keuchik imum gampong dan pimpinan dayah serta para tokoh masyarakat. (Ihkwati)

BAGIKAN