KABAR BIREUEN- Sejumlah rumah pemukiman Warga di Gampong Sukarame Kecamatan Makmur terendam air.

Peristiwa itu terjadi akibat hujan deras disertai dengan meluapnya air Krueng Moenjambe Buket sudan di Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen, Minggu malam (7/10/2018) diperkirakan pukul 22.00 wib.

Selain Sukarame, banjir juga terjadi di Desa Meureubo, Blang Kuthang, Cot Kruet, Tringgadeng, Kuta Barat, Leubu Cot dan Leubu Mee. Sejumlah warga terpaksa mengungsi.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen, Muhammad Nasir, SP, M.SM kepada Kabar Bireuen mengatakan, tidak ada korban jiwa maupun harta benda pada kebanjiran tersebut.

Muhammad Nasir menjelaskan, laporan yang diterima dari Satuan Tim Reaksi Cepat, hasil pantauan di lokasi sampai dengan Pukul 00.00 wib, banjir luapan Krueng Moenjambe Buket sudan dan Saluran Primer Irigasi Bintahsa itu, sudah mulai surut.

Namun demikian, sebut Muhammad Nasir, Satuan TRC BPBD Bireuen, bersama TNI/Polri, Camat Makmur, Tagana, Rapi dan unsur lainnya, masih terus melakukan pemantauan dan membantu warga yang terimbas banjir.

Diharapkan warga yang berdomisili di Daerah Aliran Sungai (DAS) Leubu harus selalu waspada.

“Dikhawatirkan bila hujan deras turun lagi sangat memungkinkan akan terjadi kebanjir di Kecamatan Makmur dan Gandapura akibat luapan air sungai,” ujar
Kalak BPBD Bireuen ini. (Herman Suesilo)