KABAR BIREUEN – Berita-berita yang dimuat di media online Kabar Bireuen, ternyata ada juga yang disukai orang Jepang. Hal tersebut terpantau dari link berita media ini, ada yang di-share warga negara Jepang di media sosial mereka.

Salah satu berita yang mereka sukai yaitu tentang komunikasi melalui Zoom meeting antara mahasiswa dari Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang dengan mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen, dalam program silaturahmi bertajuk Peugah Haba Ngon Aneuk Jeupang.

Acara tersebut diikuti 30 mahasiswa dari Umuslim dan 30 dari Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang. Selain itu, juga diikuti sejumlah dosen dari kedua universitas.

Berita meeting daring mahasiswa dari kedua universitas melalui aplikasi Zoom, dipublikasikan Kabar Bireuen pada Rabu, 18 November 2020. Judulnya: “Komunikasi Melalui Zoom Call, Umuslim Gelar Acara Peugah Haba Ngon Aneuk Jeupang”.

Kemudian, link berita tersebut dibagikan akun media sosial Facebook Natsuko Saeki. Informasi itu, mendapat simpati dari teman-temannya di Negeri Matahari Terbit.

Pemilik akun Facebook Natsuko Saeki, Profesor Saeki Natsuko, merupakan guru besar di NGU Jepang. Perempuan itu fasih berbahasa Indonesia.

Kabag Humas Umuslim, Zulkifli, M.Kom yang dikonfirmasi terkait hal tersebut, Jumat (20/11/2020), membenarkan ada link berita Kabar Bireuen yang dibagikan akun Facebook Natsuko Saeki.

Menurut Zulkifli, beberapa waktu lalu juga ada berita tentang mahasiswa Jepang yang kuliah di Umuslim, dipublikasikan media online terbitan Bireuen ini. Link berita tersebut minta dikirimkan pada mereka yang sudah kembali ke negaranya.

“Sejak Umuslim menjalin kerjasama dengan NGU Jepang, memang sudah sering diberitakan media terkait hubungan kerjasama tersebut,” jelas Zulkifli yang mantan Ketua Karang Taruna Kabupaten Bireuen ini. (Suryadi)