KABAR BIREUEN – Mukhlis Rama, anggota DPRK Bireuen meninjau sejumlah lokasi banjir di Kecamatan Jeumpa, Sabtu (8/12/2018).

Usai meninjau lokasi banjir, kepada wartawan, Mukhlis Rama menyebutkan,  ekses dari banjir dan longsor di beberapa titik telah melumpuhkan aktivitas masyarakat.

Diantaranya, di Gampong Salah Sirong, Kecamatan Jeumpa. Dimana, jembatan dan jalan utama yang menuju ke Gampong Pante Peusangan rusak total.

“Karena itu kita meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen harus cepat tanggap untuk penanganan musibah banjir yang melanda beberapa kecamatan,”  sebutnya.

Tak hanya itu, dampak dari hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Bireuen dalam tiga hari ini,  ungkap Mukhlis Rama, telah mengakibatkan rusaknya sejumlah infrastruktur publik.

“Kerusakannya pun sangat parah. Dan harus segera ditangani (upaya tanggap darurat) untuk pemulihan,” kata politikus Partai Amanat Nasional ini.

Jadi, menurut dia, tidak ada alasan bagi Pemkab Bireuen untuk tidak merespon cepat terhadap kondisi ini. Karena, anggaran untuk menangani situasi darurat seperti ini telah dialokasikan dalam APBK.

Dijelakannya, anggarannya sudah tersedia (belanja tidak terduga). Jangan sampai anggaran yang sudah dilokasikan tersebut tidak terealisasi. Sementara kebutuhan darurat masyarakat tidak tertangani.

“Bupati Bireuen juga harus mensiagakan pejabat dinas terkait guna menjawab persoalan darurat yang terjadi dalam kondisi saat ini,” harapnya.

Mukhlis Rama meminta Bupati harus fokus untuk penanganan dampak bencana banjir di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Bireuen. (Ihkwati)

BAGIKAN