ADNAN ADAM

KABAR BIREUEN – Dalam waktu tak lama lagi, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bireuen akan menggelar musyawarah cabang (muscab) untuk memilih pengurus masa jabatan 2020-2025.

Sejumlah nama pun sudah bermunculan. Salah satunya yang santer disebut-sebut dan dinilai layak mengemban jabatan tersebut yaitu Adnan Adam, Keuchik Bandar Bireuen, Kecamatan Kota Juang.

Dukungan moril untuk maju sebagai bakal calon Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) APDESI Kabupaten Bireuen, juga sudah mengalir kepadanya. Terutama, dukungan dari sejumlah Ketua Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) dalam Kabupaten Bireuen yang memiliki hak suara pada pemilihan nanti.

Satu di antaranya yang sudah secara terbuka menyatakan dukungan kepada Adnan Adam, datang dari Ketua DPK APDESI Kecamatan Kota Juang, Mahyuddin Abdullah.

Dalam keterangannya kepada Kabar Bireuen, Senin (23/12/2019), dia mengatakan, mendukung sepenuhnya Adnan Adam untuk mencalonkan diri sebagai Ketua DPC APDESI Kabupaten Bireuen. Ini sesuai dengan hasil musyawarah DPK APDESI Kecamatan Kota Juang yang digelar di sebuah cafe kawasan Cot Gapu, Minggu (22/12/2019).

Disebutkan Mahyuddin, dalam musyawarah tersebut, dirinya terpilih sebagai Ketua DPK APDESI Kecamatan Kota Juang. Selain itu, juga diputuskan, DPK APDESI Kecamatan Kota Juang memberikan dukungan kepada Adnan Adam sebagai bakal calon ketua pada Muscab APDESI Kabupaten Bireuen mendatang.

“Kami menilai, Adnan Adam figur yang cocok dan layak sebagai Ketua APDESI Kabupaten Bireuen. Dia sosok leader, bukan manager dalam memimpin. Dekat dengan semua kalangan dan bisa menjembatani, antara pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten,” begitu Mahyuddin beralasan.

Menurut Keuchik Bireuen Meunasah Dayah tersebut, selain DPC APDESI Kota Juang, Adnan Adam juga sudah mengantongi dukungan dari beberapa DPK lainnya. Mereka sudah siap mendukung Keuchik Adnan sebagai bakal calon Ketua DPC APDESI Kabupaten Bireuen periode lima tahun ke depan.

Terkait hal tersebut, Adnan Adam yang ditanyai Kabar Bireuen tadi sore, Senin (23/12/2019), mengaku, dia memang sudah dihubungi sejumlah Ketua DPK APDESI. Mereka meminta, agar dirinya maju sebagai bakal calon Ketua DPC APDESI Kabupaten Bireuen.

“Kalau memang rekan-rekan mendukung dan memberikan kepercayaan, tentu saya harus siap,” jawab Adnan Adam singkat dan diplomatis.

Sementara Sekretaris Panitia Muscab APDESI Kabupaten Bireuen, Hasmuni Ilyas yang dikonfirmasi Kabar Bireuen di hari yang sama, menjelaskan, muscab tersebut akan dilaksanakan pada pekan pertama Januari 2020 mendatang.

Menurut Hasmuni, peserta muscab yang punya hak suara semuanya berjumlah 19 orang. Terdiri dari 17 Ketua DPK, 1 Ketua DPC dan 1 Ketua DPD (provinsi).

“Sesuai AD/ART, bagi yang ingin mencalonkan diri, minimal harus memperoleh surat dukungan dari lima DPK. Pendaftarannya nanti akan dibuka beberapa hari menjelang muscab,” ungkap Hasmuni. (Suryadi)    

 

BAGIKAN