KABAR BIREUEN – Ratusan siswa terbaik tingkat SMP di Bireuen, bersaing dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten.

OSN Tingkat Kabupaten Bireuen ini, digelar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen, berlangsung sehari, Sabtu (16/3/2019), dipusatkan di SMPN 1 Bireuen.

Kegiatan dengan tema “Mengembangkan Kemampuan “4K” Kritis Kreatif Kalaboratif dan Komunikatif Siswa Melalu Sains”. dibuka secara resmi oleh Kadis Disdikpora Bireuen Drs Muhammad Nasir MPd,

Dalam inti arahannya, Muhammad Nasir mengatakan, Tujuan dari perlombaan OSN ini, untuk menjaring siswa SMP yang memiliki potensi, bakat, dan minat dalam bidang sains.

Dalam ajang ini, semua peserta memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk meraih prestasi, baik itu peserta dari sekolah yang ada di kota ataupun yang di pelosok.

“Olimpiade ini kita laksanakan untuk memberi kesempatan yang sama kepada siswa, utusan dari masing-masing SMP untuk berkompetisi. Jadi tidak ada batasan, misalnya, hanya sekolah-sekolah bonafit atau tertentu saja yang bisa ikut sebagai peserta” ujar Kadisdikpora Bireuen ini.

Selain itu, Muhammad Nasir berharap, sebuah kebanggaan bila bisa meraih prestasi dalam ajang ini baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan ke tingkat internasional.

“Semoga pada OSN tahun ini kita akan mendapatkan siswa-siswa terbaik Bireuen disemua mata pelajaran, menjadi wakil Provinsi ke tingkat Nasional, ” harap Muhammad Nasir.

Sebelumnya Ketua Panitia OSN Tingkat SMP Se-Kabupaten Bireuen, Zamzami SPd melaporkan, OSN tingkat SMP ini diikuti sebanyak 213 pelajar utusan dari 71 sekolah se- Kabupaten Bireuen, memperlombakan tiga mapel, yaitu Matematika, IPS dan IPA.

Dirincikan, peserta mata pelajaran Matematika diikuti 71 orang, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 71 peserta dan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 71 pelajar.

Perlombaan Ini merupakan seleksi penentuan, lolos atau tidaknya mereka ke OSN tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di Banda Aceh, pada 16 April mendatang.

“Soal masing-masing mapel dikirim dari Kemendiknas begitu juga dengan kunci jawabannya kita menunggu di kirim dari sana, makanya para juara OSN ini tidak dapat diumumkan dengan cepat begitu selesai pelaksanaan,” ujar Kabid Pembinaan SMP di Disdikpora Bireuen ini.

Pembukaan OSN-SMP se Kabupaten Bireuen ini, dihadiri utusan dari Dinas Pendidikan Aceh, Jajaran Disdikpora Bireuen, Kepala Sekolah, Guru Pendamping dan undangan lainnya. (Herman Suesilo).

BAGIKAN