KABAR BIREUEN – Tidak menempati komisi yang bermitra kerja dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bukan berarti H. Ruslan M. Daud (HRD) tidak dapat berbuat apa-apa di DPR RI untuk bidang pendidikan. Khususnya, untuk membantu biaya pendidikan anak-anak sekolah di Aceh.

Berkat perjuangan dan lobi-lobinya dengan mitra kementerian terkait, usulan HRD untuk mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), dipenuhi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasilnya, sekitar seribu lebih pelajar tingkat SD, SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Bireuen, dapat menikmati beasiswa tersebut.

“Alhamdulillah, walaupun belum semua usulan tersebut terpenuhi, namun sebagian besar telah terverifikasi di kementerian,” ungkap HRD saat menyerahkan buku rekening bank secara simbolis kepada sejumlah pelajar penerima beasiswa PIP di Aula Rumah Aspirasi HRD, Gampong Geulanggang Baro, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Sabtu (21/11/2020).

Menurut Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKB ini, usulan beasiswa tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan. Beasiswa ini, kata dia, diusulkannya melalui hubungan kemitraan yang terjalin antara lembaga DPR RI dengan kementerian terkait.

“Kami harapkan kepada para siswa-siswi, agar bantuan beasiswa PIP ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menunjang keperluan pendidikan,” demikian dipesankan HRD.

Sementara Ketua DPC PKB Bireuen yang ikut mendampingi HRD saat penyerahan buku rekening bank tersebut, menjelaskan, usulan beasiswa PIP ini hanya sebagian kecil yang belum terverifikasi, karena data siswanya ada yang tidak valid. Selain itu, ada juga data siswa yang telah diusul melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan oleh masing-masing sekolah.

Dirincikannya, dari 1000 murid SD yang diusulkan, sebanyak 750 murid terverifikasi sebagai penerima Beasiswa PIP. Besaran beasiswa tersebut untuk masing-masing murid SD sebanyak Rp450 ribu.

Berikutnya untuk jenjang SMP, dari 750 siswa yang diusulkan, hanya 365 siswa yang lulus verifikasi. Besaran beasiswa yang diberikan untuk siswa SMP sebesar Rp750 ribu setiap siswa.

“Sementara untuk jenjang SMA/SMK, hanya 56 siswa yang lulus verifikasi dari sebanyak 109 siswa yang diusulkan. Kemudian, ditambah 136 penerima dari 150 siswa yang diusulkan. Untuk masing-masing siswa SMA/SMK penerima beasiswa ini, mendapatkan Rp1 juta,” jelas Usman yang juga anggota DPRK Bireuen dari PKB.

Kepala SMPN I Peulimbang, Jailani, S.Pd yang ikut mendampingi siswanya saat penyerahan buku rekening tersebut, mengatakan, sebanyak 17 siswa kelas VIII dan IX di sekolahnya yang mendapatkan beasiswa PIP dari usulan HRD, telah lulus verifikasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Semoga tahun berikutnya, dapat diusulkan kembali siswa-siswa yang belum terdaftar sebagai penerima beasiswa PIP. Kita harapkan, ke depan kepedulian H. Ruslan terhadap dunia pendidikan terus ditingkatkan,” pinta Jailani. (Suryadi)