KABAR BIREUEN- Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar, S.Sos dari Fraksi Partai Aceh mengadakan silaturahmi masa reses dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat dari Dapil II meliputi, Peusangan, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng dan Jangka.

Kegiatan yang dihadiri ratusan orang termasuk kaum perempuan itu digelar Minggu sore (3/11/2019) di Meunasah Gampong Pulo Pisang, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen.

Sejumlah aspirasi dan permintaan diutarakan oleh Keuchik, Sekdes dan masyarakat.

Permintaan yang paling banyak mengemuka terkait pembangunan sejumlah ruas jalan penghubung, serta jalan tembus, baik di Kecamatan Peusangan maupun Jangka.

Salah satunya seperti disampaikan Keuchik Pulo Pisang, Tgk Mustafa yang meminta pembangunan jalan dari Pulo Pisang ke Simpang Kameng.

Sekdes Bada Timu, Kecamatan Jangka, Saifuddin mengharapkan jalan tembus dari gampongnya ke Bugak Krueng juga agar dibangun.

Selai itu, juga disoroti terkait pembangunan di kawasan Kuala jangka dan Kuala Paoh yang sudah menghabiskan anggaran miliaran rupiah, tapi tak ada manfaat bagi masyarakat.

Ada juga keuchik yang mengharapkan agar dalam membuat Perbup supaya ada aturan dan kejelasannya. Dia meminta agar hal itu disampaikan kepada pimpinan daerah.

“Sebelumnya dalam Perbup ada aturan Pageu gampong ada dikasih dana, namun tahun berikutnya kok hilang, kami dan masyarakat bingung, kok tahun sebelumnya ada, lalu kemudian tidak ada lagi, sehingga terjadi simpang siur,” sebutnya.

Hal lainnya yang digarapkan agar, ibu PKK yang selama ini tidak ada insentif supaya dalam pembahasan anggaran kasih insentif untuk ibu PKK. Karena untuk pergi ke sana kemari, kegiatan ini itu PKK butuh biaya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan perempuan meminta agardana untuk PAUD di kampungnya bisa dianggarkan. Selama ini terkendala adanya perselisihan antara keuchik dan sekdes, sehingga untuk PAUD tak turun dana.

Masyarakat juga meminta pengadaan armada bus sekolah di Peusangan Selatan dan Peusangan Siblah Krueng.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan prosesi peusijuek Ketua DPRK Rusyidi Mukhtar  oleh Teungku Imum.

Rusyidi Mukhtar S.Sos dalam arahan dan sambutannya  mengucapkan terimankasih kepada masyarakat yang telah memberikan hak suaranya pada Pileg 2019 lalu, sehingga kembali terpilih sebagai anggota dewannubtuk kedua kalinya.

“Saya terpilih sebagai Ketua DPRK Bireuen dari Partai Aceh, mohon dukungan khusus untuk saya dan secara umum untuk semua anggota dewan agar bisa bekerja untuk kepentingan masyarakat,” sebut pria yang akrab disapa Ceulangiek tersebut.

Dikatakan mantan kombatan GAM tersebut, dewan sudah terjun ke lapangan, sejak dilantik dalam dua bulan ini sudah turun ke sejumlah kecamatan, untuk mendengarkan aspirasi masyarakat.

Kegiatan silaturahmi ini , katanya, bagian dari reses anggota dewan, yang dimulai sejak 31 September- 5 November 2019. Tujuan reses menerima aspirasi masyarakat.

Ceulangiek menyebutkan, pihaknya sudah mencatat dan menampung aspirasi masyarakat dan akan dibicarakan nantinya saat pembahasan anggaran antara pemerintah dan dewan.

“Terkait permintaan pembangunan jalan, kalau bisa ditampung di APKB dan juga di APBA. “Kita akan perjuangkan aspirasi ini. Termasuk dari Pokok Pikiran (Pokir) dewan,” sebutnya.

Adapun jalan yang diharapkan dibangun, sebut Ceulangiek yaitu, Jalan Bugak- Cot Ara-Krueng Bugek Mate, Jalan MtSN Bugak-Bugak Mesjid, Kecamatan Jangka, Jalan Tambue-Bugak, Jalan Pulo Pisang-Simpang Kameng.

Kegiatan tersebut juga dihadiri , unsur forkompimca Peusangan, staf dari Dinas PUPR Bireuen, Pendidikan Dayah, Perikanan, Pertanian, Babinsa Peusangan Sertu Muzakir, tokoh agama, tokoh masyarakat, Panglima Muda Daerah III Batee Iliek, Jafaruddin atau Nek Tu, Panglima Sagoe, sejumlah simpatisan Partai Aceh, serta ratusan masyarakat dari Dapil II Bireuen. (Ihkwati)

BAGIKAN