KABAR BIREUEN-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen melalui Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) kembali gelar Lomba Literasi Jenjang SD Tingkat Kabupaten Bireuen Tahun 2021.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta ini, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen Muhammad Al Muttaqim, S.Pd.,M.Pd, diwakili Kabid Pembinaan SD, Alfian, M.Pd di Aula Lama SKB Disdikbud setempat, Kamis (23/9/2021).

Dalam sambutannya, Alfian mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan mengusung tema bangkit ditengah pandemi menuju generasi literat.

Sesuai dengan Permendikbud 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti melalui program literasi disekolah sebagi bahagian dari kecakapan hidup abad 21.

“Penilaian kita pendidik dilihat dari prestasi anak didik kita, baik itu pada aspek kognitif afektif, dan psikomotoriknya,” sebutnya.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Pendidikan, Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarsa Sung Tulada, In Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani.

Semboyan ini bisa diartikan guru di depan memberikan contoh atau sebagai panutan, di tengah membangun kemauan atau niat, dan di belakang memberikan dorongan atau semangat.

“Kalau pepatah dalam bahasa Aceh diartikan, Kiban U Meunan Minyek,” jelasnya.

Alfian berharap kepada para peserta untuk berlomba secara sportif, walaupun apapun hasil yang diperoleh nantinya harus tetap semangat, kepada dewan juri juga diharapkan adil dan jujur saat menilai peserta, tidak ada istilah peserta titipan.

Apresiasi dan ucapan terimakasih disampaikan kepada UPTD, Pengawas, Kepala Sekolah dan pembimbing yang telah konsern dalam melaksanakan program literasi dan telah membimbing siswanya, sehingga sampai ke tingkat kabupaten.

“Dimana seandainya even yang sama ini diperlombakan di provinsi, kita sudah siap tampil dengan peserta terbaik hari ini,” kata Kabid Pembinaan SD Disdikbud Bireuen ini.

Sebelumnya Kasi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Bidang Pembinaan SD Disdikbud Bireuen, Ramzi, S.Pdi, melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada sekolah.

Apresiasi dalam hal, peserta didik yang telah mengikuti program gerakan literasi sekolah sebagai turunan dari Gerakan Literasi Nasional.

Dijelaskan, lomba Literasi ini, digelar satu hari. Kamis (23/9/2021), dilaksanakan di empat ruangan berbeda dilingkungan SKB Disdikbud setempat, dengan menerapkan prokes kesehatan.

Dirincikan, ada 97 peserta putra/putri yang ikut lomba ini, mereka merupakan utusan dari 12 UPTD Pendidikan yang ada dalam wilayah Kabupaten Bireuen, disertai dengan 12 orang sebagai koordinator dan 97 orang pendamping.

Ke 97 siswa tersebut, akan berlaga di 5 jenis lomba, yaitu Lomba Mendongeng, Cipta Pantun, Cipta Cerpen, Baca Puisi dan Lomba Menulis Cerita Pendek (Cerpen).

“Masing-masing juara diberi hadiah berupa piala dan uang pembinaan,” sebut Kasi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Bidang Pembinaan SD Disdikbud Bireuen ini. (Herman Suesilo /*)