Dewi Maritalia, M.Kes

KABAR BIREUEN – Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen, berhasil memenangkan bantuan hibah Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi Perguruan Tinggi Swasta (PPPTV-PTS).

Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Pendidikan Tinggi  Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 0003/D3/KB.04.00/2021 tanggal 20 Agustus 2021 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penerima Program Pembinaan Pendidikan Vokasi Perguruan Tinggi Swasta (PPPTV-PTS) Gel-I Tahun 2021.

Direktur Program Diploma-III Kebidanan Umuslim, Dewi Maritalia, M.Kes, bersyukur atas keberhasilan pihaknya memenangkan hibah Kompetitif Kampus Vokasi (Competitive Fund Vokasi) Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi Perguruan Tinggi Swasta (PPPTV-PTS) yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Alhamdulillah, proposal kami usulkan berhasil menang. Diploma (D-III) Kebidanan Umuslim, dinyatakan salah satu lembaga yang berhak mendapatkan bantuan tersebut,” ungkap Dewi Maritalia, Rabu (8/9/2021).

Menurutnya, program bantuan pengembangan institusi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS), terutama dalam mendorong peningkatan dan pengembangan inovasi pendidikan tinggi vokasi, khususnya di bidang pembelajaran praktikum yang membutuhkan sarana dan prasarana berupa instrumen laboratorium.

“Hal ini dalam rangka Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi Berbasis Industri, untuk meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan pendidikan tinggi vokasi agar dapat diserap di Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA), dengan menerapkan Kebijakan Kampus Merdeka dan Strategi Link & Match pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Vokasi,” jelas Dewi Maritalia.

Selain itu, menurut dia, PPPTV-PTS ini juga bertujuan untuk peningkatan mutu pembelajaran dengan menerapkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui bantuan sarana/prasarana Perguruan Tinggi Swasta yang menyelenggarakan pendidikan vokasi.

“Perguruan tinggi swasta yang dapat mengikuti kompetisi hibah ini adalah PTS dengan akreditasi PTS maksimal B atau Baik Sekali,” ujar Dewi Maritalia.

Rektor Umuslim, Dr. Marwan, M.Pd, mengucapkan syukur atas keberhasilan Program Studi Diploma III Kebidanan memperoleh bantuan PPPTV-PTS tahun 2021.

Menurutnya, bantuan tersebut diberikan dalam bentuk barang, berupa peralatan laboratorium kesehatan dasar, laboratorium teknik dasar, laboratorium IPA dasar dan peralatan teknologi informasi dan desain komunikasi.

“Peralatan tersebut dapat membantu memperlancar proses belajar mengajar yang lebih baik lagi di Program Studi Kebidanan,” sebut Marwan. (Rel)