Ainal Mardhiah (61) seorang nenek warga Gampong Baro Bireuen bersama dua cucunya sedang mandi berendam dipinggir pantai Krueng Juli Timur Minggu (16/2/2020).

KABAR BIREUENSetiap hari libut minggu banyak masyarakat tua, muda dan kanak-kanak berekreasi dan mandi  laut di pantai Kuala Raja, Ujong Blang, Krueng Juli Timur dan pantai-pantai sekitarnya. 

Barangkali masyarakat tidak mengetahui apa manfaat berendam mandi di air laut yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mereka mungkin  hanya tahu sebagai berekreasi bersama keluarga di hari libur.

Kabar Bireuen yang berkunjung  ke  desa pantai Kuala Raja, Ujong Blang dan pantai Krueng Juli Timur  Kecamatan Kuala, Minggu (16/2/2020) terlihat sudah dipadati masyarakat laki-laki, perempuan dan kanak-kanak.yang berdatangan dari kota dan desa-desa lainnya berekreasi dan mandi di laut.

Cuaca di pagi minggu yang cerah dan ombak laut yang tidak begirtu besar warga masyarakat terlihat bersukaria,  Bagi kaum muda ada yang berenang di laut dan  bagi kaum tua atau warga tidak bisa berenang, terlihat mandi dan berendam dipinggir pantai sambil menunggu semburan ombak laut.

Mereka barangkali tidak mengetahui apa khasiat dan manfaat mandi dan berendam di air laut sangat bermanfaat bagi kesehatan.

DR dr Khairun Nisa Berawi M Kes,AIFO dalam sebuah tulisannya menjelaskan, air laut memiliki komposisi  yang sama dengan komposisi plasma darah manusia. Penggunanaan air laut sebagai obat sudah mulai dilakukan sejak 4 abad sebelum masehi. Air laut memiliki 84 elemen vital yang juga ditemukan dalam tubuh manusia, termasuk diantaranya vitamin, garam, mineral dan asam amino

Selain itu air laut juga kaya akan mikroorganisme yang menghasilkan antibiotik, antimicrobial dan antibacterial yang membantu mengeradikasi berbagai kuman/bateri dan mikroorganisme yang mungkin menyebabkan infeksi khususnya pada permukaan tubuh. Tubuh manusia memiliki kemampuan alami untuk menyerap elemen-elemen tersebut melalui pembuluh darah yang juga memperdarahi permukaan kulit.

Dikemukakan, secara umum manfaat mandi berendam di air laut bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, memperkuat otot jantung, melenturkan atau merelaksasi otot sehingga tubuh terasa segar. Melancarkan sistem pernafasan, meningkatkan produksi sel darah merah, menormalkan tekanan darah,

Selain itu menyeimbangkan  keasam-basaan dalam darah, mencaegah keropos tulang, dan osteoporosis. Meringkan sakit pinggang,wasir dan rematik. Mengatasi kulit kering, dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan.

Meningkatkan gairah seks yang mnurun/melemah, mencegah penyakit kencing manis dan mengatasi flek paru pada nak.

Secara khusus air laut memiliki manfaat  bagi kesehatan kulit. Seluruh dunia menggunakan garam laut dalam layanan perawatan mereka.  Garam pada air laut membantu melepaskan racun dalam kulit serta berfungsi sebagai pengelupas alami (mikrodermabrasi) yang melepaskan sel-sel kulit mati serta merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

Air laut juga mengandung banyak mineral terutama magnesium yang membantu meningkatkan kelembaban pada permukaan kulit sehingga kulit tampak segar bercahaya.

Salah satu keuntungan terbesar yang terdapat dalam air laut dengan kandungannya adalah kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit atau iritasi pada kulit mulai dari peradangan, psoriasis termasuk luka ringan karena kandungan garam dan potasium klorida di dalamnya.

Air laut membersihkan kulit. Garam mineral bekerjasama dengan matahari untuk meregenarasi kulit sehingga, bisul lupus, kerawat dan prosiasis adalah beberapa penyakit yang dapat dengan mudah disembuhkan dengan air laut.

Sistem kekebalan tubuh jumlah sel darah merah meningkat antara 5-20 persen setelah berenang atau mandi di laut. Air laut adalah obat bagi orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, anemia, dan kadar gula darrah yang tinggi (diabetes).

Sistem otot dan tulang air laut memperlambat perkembangan rematik, Air laut yang dikombinasikan dengan olah raga adalah obat yang bagus untuk nyeri tulang dan otot, arthritis, peredaran darah dan masalah pasca bedah. Kandungan kalksium sulfatnya juga membantu mencegah atau merurunkan keluhan ostcoporosis

Air laut memperlambat perkembangan rematik. Air laut yang dikombinasikan dengan olahraga adalah obat yang bagus untuk nyeri tulang dan otot, arthritis, peredaran darah, dan masalah pasca bedah. Kandungan kaslium sulfatnya juga membantu mencegah atau menurunkan keluhan osteoporosis dan penderitanya.

Air laut mencegah insomnia dan mengurangi gejala depresi, karena membantu menormalkan tekanan darah dan mengobati kecemasan dengan situasi yang rileks satu di pantai akan membantu tidur lebih baik dan secara alami akan meningkatkan suasana hati

Penderita asma, batuk berat, lender dan masalah pernafasan lainnya dapat rekreasi ke patai untuk menghirup angin dan berenang di laut. Garam yang terkandung dalam udara pantai atau air garam mmbantu menghilngkan racun dan unsur lain yang menyerang paru-paru.

Asupan air laut dalam jumlah kecil memfasilitasi pembersihan usus besar, mendetoksifikasi tubuh dan memperbarui energi tubuh, terutama pada anak-anak.

Air laut mempercepat proses regenerasi sel dan membantu memulihkan keseimbangan air, elektrolit, dan mineral dalam tubuh sehingga membantu memulihkan gangguan kesehatan yang diakibatkan ketidakseimbangan.

Tulisan ini untuk memberi pengertian bagi bagi orang-orang yang berwisata ke pantai, tentang khasiat dan manfaat mandi  dan berendam di ait laut untuk kesehatan. (H.AR Djuli).

BAGIKAN