KABAR BIREUEN – Untuk meningkatkan penjualan gerabah produksi masyarakat Desa Cot Bada Tunong, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, Mahasiswa KKN Reguler ke-75 Dari Rumah, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, berinisiatif membantu mempromosikan home industri tersebut ke sosial media.

Promosi melalui media sosial ini, dengan cara menyebarkan konten informasi, promosi ataupun ilmu yang dapat memberikan manfaat pada marketing.

Konten video tentang proses pembuatan gerabah diupload ke Instagram TV dan Youtube. Diharapkan, promosi melalui media sosial ini dapat menambah ruang pemasaran yang lebih luas lagi bagi para pengrajin gerabah.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, peserta KKN terjun ke lokasi untuk merekam video bersama masyarakat pada Jumat hingga Senin, 13-16 November 2020. Kemudian, hasil rekamannya diposting ke media sosial, Selasa, 17 November 2020.

Ajiriah (40) yang sudah menekuni usaha gerabah ini selama lima tahun, berharap, dengan adanya publikasi ke media sosial tersebut, bisa membuat orang banyak tertarik membeli hasil produksi mereka. Mengingat, selama pandemi Covid-19 ini, pengrajin gerabah mengalami kesulitan dalam hal pemasaran.

Masalahnya, ada aturan bagi warga asing (luar desa) dilarang masuk ke desa lain. Akibatnya, penjual gerabah tidak bisa dengan bebas berkeliling memasarkan dagangannya.

 

“Terima kasih kepada adik KKN ini yang telah membantu mempromosikan gerabah hasil produksi kami di media sosial. Kami sendiri tidak mengerti dan masih awam dalam menggunakan media sosial,” ungkap Ajiriah.

Program tersebut memang sesuai dengan salah satu misi KKN ini yaitu penguasaan dunia maya. Selama masa pandemi Covid-19, sosial media merupakan titik kumpul baru bagi khalayak ramai, karena adanya anjuran social distancing dan physical distancing dari pemerintah.

Makanya, promosi melalui sosial media dinilai sebagai cara paling mudah dan efektif, untuk meningkatkaan penjualan gerabah produksi masyarakat Desa Cot Bada Tunong, selama masa pandemi Covid-19 ini. (REL)