KABAR BIREUEN – Hujan deras yang mendera kecamatan Makmur dan seluruh wilayah Kabupaten Bireuen membuat Waduk Bintah Sa di Desa Sukarame meluap, akibatnya 11 rumah warga terendam banjir, Jumat ( 23/8/2019).

Menurut keterangan Pengurus PMI kecamatan Makmur, Faisal ,ST kepada Kabar Bireuen, hujan deras yang terjadi sejak pukul 15.30- 16.30 WIB mengakibat Waduk Bintah Sa dan anak sungai Kubu Birah meluap.

Sehingga puluhan rumah warga dan warung di desa pedalaman Makmur itu terendam banjir hingga 30 – 120 centimeter.

“Banjir dengan ketinggian 30 – 120 cm terjadi pada pukul 16.30 WIB dan sampai saat ini Air belum juga surut, Sementara hujan masih mengguyur desa setempat dan sekitarnya,” jelas Faisal.

Lebih lanjut, Faisal menyebutkan, luapan air tersebut memasuki rumah warga juga warung kopi yang tidak jauh dari waduk, bahkan debit air semakin bertambah.

“Saat ini debit air semakin tinggi karna curah hujan yang tak kunjung reda, sehingga air luapan dari irigasi tersebut semakin tinggi,” tambah Faisal.

Keuchik Gampong Sukarame ,Rusli Ismail kepada media mengatakan, rumah warga yang terendam banjir adalah rumah yang berdekatan dengan waduk Bintah Sa.

Sebagian warga sudah mengungsi kerumah tetangga sampai air benar-benar surut.

“Untuk sementara warga sekitar Waduk mengungsi ke rumah tetangga, sampai air surut,” sebut keuchik Rusli.

Adapun rumah yang terendan adalah, rumah Abdul Mutalleb, Bukhari, Asiah, Jamaliah, mawardi, nmNurdin, Zakaria, Nurhayati. Sedangkan warung kopi milik, Marzuki, Samsul dan Ibrahim.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa. (Faisal Ali)

BAGIKAN