KABAR BIREUEN– Tim penilai Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) teladan tingkat nasional melakukan penilaian lapangan ke Tanah Pasir, Aceh Utara, Sabtu-Minggu (13-14/10/2018).

Kehadiran tim dari Kemensos RI tersebut untuk melakukan penilaian  kinerja Mahyiddin S.Sos, Tksk kecamatan tanah pasir kabupaten aceh utara yang  merupakan salah satu dominasi  TKSK teladan nasional tahun 2018 yang berasal dari Provinsi Aceh.

Safwan S.Ag.MM dan Nila fajria SH dari Dinsos Aceh kepada media menjelaskan, tim dari Kementerian Sosial RI yaitu Dedeh dan Wiendy, turun langsung ke lapangan untuk menilai TKSK dan berbagai hal lain sesuai profil yang telah dipersentasikan dihadapan juri tingkat nasional  bulan lalu di Jakarta.

Kehadiran tim penilai dari pusat di Tanah Pasir disambut Plh Sekda Aceh Utara, Murtala S.Sos, M.Si, pada kesempatan tersebut menyampaikan,  kehadiran TKSK di tengah masyarakat sangat membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial.

“Terutama sekali penyandang masalah kemiskinan seperti yang telah dilakukan olah saudara Mahyiddin  TKSK Kecamatan Tanah Pasir. telah mampu memberikan kontribusi yang sangat besar dan bermanfaat kepada masyarakat dalam pengembangan ekonomi di wilayah kecamatan  tersebut,” jelas Murtala.

Menurutnya, dengan adanya TKSK di kecamatan,  pemerintah daerah sangat terbantu terutama sekali pada saat penyusunan program, karena didukung oleh data dan potensi sumber daya yang disampaikan oleh TKSK kepada pemerintah.

Sementara itu, Kasie Pembedayaan Keluarga dan Perorangan Dinas Sosial Aceh Safwan S.Ag,MM mengatakan,TKSK sebagai pilar-pilar sosial  merupakan garda terdepan penyelenggaraan pembangunan kesejahteraan sosial di tingkat akar rumput. TKSK harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

“TKSK selain sebagai pemegang data PMKS dan  PSKS yang akurat, mereka juga sebagai pendamping, penyuluh sosial dan pembina bagi masyarakat dan harus mampu merubah pola hidup masyarakat kearah yang lebih baik, terutama sekali dalam hal peningkatan kesejahteraan,’ sebutnya.

Saat ini, Mahyiddin telah masuk  20  besar TKSK Teladan  Nasional tahun 2018, hasil penilaian lapangan oleh tim pusat nanti akan dibandingkan dengan nilai TKSK provinsi lain di seluruh Indonesia untuk bisa masuk dalam kategori 5 besar teladan nasional tahun 2018.

Menurutnya, saat penilaian lapangan, tim penilai mempelajari dengan seksama dan mewancarai masyarakat dampingan yang merupakan keluarga binaan TKSK yang menjalankan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) pandai besi penghasil parang, pisau, cangkul, linggis, garuk, rencong  dan sarungnya.

“Kita berharap tksk tanah pasir  Mahyiddin dengan kinerjanya selama ini yang ikhlas, penuh ketekunan dalam membina masyarakat akan mendapat penghargaan terbaik dari pemerintah,’ harap Safwan.

Saat penyambutan tim dari Jakarta tampak  hadir Asisten I Setdakab  Aeh Utara, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan Sosial Dinsos Aceh, Nila Fajria,SH, Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara, Camat Tanah Pasir serta keuchik dalam wilayah Kecamatan Tanah Pasir. (REL)