KABAR BIREUEN–Rumah Sakit Umum dr Fauziah Bireuen saat ini sudah memiliki satu unit bus khusus darah berbadan lebar sebagai sarana penunjang untuk kelancaran aktivitas tim Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD dr Fauziah  melakukan donor darah di berbagai tempat di lapangan.

Direktur RSUD dr Fauziah dr Mukhtar Mars dalam keterangannya kepada Kabar Bireuen Jum’at (13/12/2019) pagi menjelaskan, pembelian tiga Unit kenderaan satu unit diantaranya bus khusus untuk meningkatkan pelayanan donor darah kepada masyarakat.

Dikatakan,  bus khusus donor darah untuk aktivitas secara mobile ke lapangan untuk tim UTD RSUD dr Fauziah beroperasi hampir setiap hari ke lapangan yang sebelumnya hanya mengunnakan satu unit mini bus.

“Bus khusus donor darah dilengkapi dan kelengkapan lainnya sebagai UTD berjalan yang tersedia tiga kursi untuk melayani  tiga pendonor sekaligus,” sebutnya.

Sedangkan dua unit Ambulance Isuzu Phanter sebagai pengganti tiga unit Ambulance yang tidak layak pakai lagi.

Pembelian ketiga unit kenderaan  dengan sumber dana DAK APBN pusat 2019 untuk bus khusus UTD dengan harga Rp 1 miliar dan dua unit Ambulan  Isuzu Phanter yang sudah dimodifikasi dengan harga Rp 400 juta/unit.

Menurut dr Mukhtar, tahun 2019 RSUD dr Fauziah Bireuen mendapat tambahan tiga unit Bus Ambulance khusus lengkap dengan perlengkapan UTD  dapat menampung  petugas UTD lebih banyak   dalam kegiatan  donor darah di lapangan tidak perlu lagi membawa tenda untuk tempat donor darah.

Pendonor dapat melalukan donor darah langsung dalam bus donor darah,” ujar Mukhtar. (H.AR Djuli)

BAGIKAN