KABAR BIREUEN– Desa Cot Tunong, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen  melaksanakan acara kanduri blang dalam rangka turun ke sawah, Minggu (8/12/2019.

Acara yang dimulai pada pukul 08 00 WIB dengan penyembelihan ayam di sawah yang di bawa oleh petani dari rumah dan kemudian dimasak di sawah.

informasi yang diperoleh Kabar Bireuen dari Sertu Muzakir, pada kenduri kali ini, lebih kurang 200 ekor ayam jantan dan betina disembelih dan dimasak serta dihadiri lebih kurang 300 petani.

Acara kenduri blang dirangkai dengan pengajian yang diikuti petua kampung dan beberapa pemuda termasuk teungku imum gampong dan doa bersama yang dipimpin Kaur Agama Cot Tunong Tgk Adek.

Dilanjutkan arahan dari Sekdes Cot Tunong Tgk Suryadi, yang antara lain menyebutkan pntang blang selama tiga hari, lalu laporan PAD Pertanian.

“Serta persiapan gotong royong umum sebelum dibersihkan oleh kejrun Blang (Petugas Pembagian air ke petak sawah) dan ketentuan lainnya,” kata Sekdes Cot Tunong.

Acara tersebut ditutup dengan makan bersama.

Kegiatan kanduri blang dihadiri, Mantri tani dari Dinas Pertanian, Ahmad SP, Babinsa Gandapura, Kopda Abdul Sukur, warga tetangga Desa Cot Tunong serta warga tani gampong setempat. (Ihkwati)

BAGIKAN