KABAR BIREUEN-Masyarakat Peulimbang mengadakan khanduri (kenduri) dan doa bersama di seuneulhop (irigasi) Nalan Kecamatan Peulimbang, Kabupaten Bireuen, Senin (30/9/2019).

Acara tersebut sekaligus sebagai pembukaan pintu air sebagai dimulainya turun ke sawah pada musim Rendengan tahun 2019.

Salah satu Imum Mukim Batee Kureng, Murdani Damhuri mengatakan, acara khanduri seunelop ini memang telah dilakukan oleh para para nenek monyang pendahulu.

Seperti biasanya setiap setahun sekali masyarakat di Kecamatan Peulimbang mengadakan khanduri Potong kerbau di seunelhop (irigasi) Nalan dan mereka melakukan doa bersama juga makan bersama di lokasi tersebut.

Setelah acara doa bersama maka dimulailah pembukaan pintu air sebagai tanda bahwa musim tanam padi Rendengan serentak di Kecamatan Peulimbang tahun 2019 telah dimulai.

“Kami meneruskan dan mengadakan doa dan makan bersama seraya memohon kepada Allah agar kami para petani dijauhkan dari mara bahaya penyakit. Kami juga memohon kepada Allah agar memberikan rezeki yang berkah dan makmur sehingga kami petani dapat menunjang ekonomi keluarga dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan Kasubbag Umum dan Kepegawaian Kantor Camat Peulimbang, Ridhwan, S.sos. yang hadir ke lokasi mewakili Camat Peulimbang.

Dikatakannya, masyarakat mengadakan doa bersama seraya memohon doa kepada Allah semoga hasil Panen padi mereka akan berkat dan berlimpah.

Acara tersebut dihadiri unsur Muspika, tokoh masyarakat, Imum Syik Mesjid, Teungku Imum Meunasah, Imum Mukim,  para Keuchik juga masyarakat dalam Kecamatan Peulimbang.

Camat Peulimbang  Abu Bakar S.Sos tidak bisa hadir dikarenakan ada acara mendampingi para Keuchik dalam acara penyerahan piala kepada Gampong Keudee Plimbang adalah Gampong BUMG terbaik mendapat juara II dan Gampong Puuek mendapat juara III sebagai Desa terbaik tentang Profil Desa se-Kabupaten Bireuen.

Acara tersebut diadakan di Pantai Laot Panga, Kecamatan Gandapura yang juga dihadiri Dirjen Kementrian Desa. (Alya Alfarisi/Jurnalis Warga)

 

 

BAGIKAN