KABAR BIREUEN – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Demokrat, Muslim, SHI., MM, bersama Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.Si, melakukan kunjungan kerja dan temu wicara dengan Kelompok Wanita Tani pada kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Kabupaten Bireuen.

Kegiatan dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat tersebut berlangsung di P2L Kelompok Wanita Tani (KWT) Aneuk Makmu, Gampong Bireuen Meunasah Tgk Digadong, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Rabu (11/8/2021).

Pada kesempatan itu, Bupati Muzakkar A. Gani berharap, semua anggota kelompok dan pendamping kegiatan maupun semua sektor terkait, dapat lebih serius dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan P2L ini.

“Kepada Kepala Dinas Pangan Aceh, kami mengucapkan terima kasih sudah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan P2L di Kabupaten Bireuen. Kami berharap, di tahun-tahun mendatang dapat mengalokasikan kembali anggaran untuk kegiatan ini,” pinta Muzakkar.

Begitu juga kepada Muslim, diucapkan terima kasih atas aspirasinya untuk kegiatan P2L tersebut. Muzakkar berharap, untuk tahun mendatang dapat dialokasikan kembali anggaran untuk berbagai kegiatan yang menyentuh kepentingan masyarakat di Kabupaten Bireuen.

“Kami harapkan di masa yang akan datang, kegiatan ini dapat berlanjut dalam skala yang lebih luas lagi. Tujuan akhir kita, dalam upaya meningkatkan keanekaragaman pangan, melalui perubahan pola konsumsi masyarakat dapat terwujud, sehingga kebutuhan gizi mayarakat dapat tercukupi dengan baik,” ujar Muzakkar.

Sementara itu, Muslim mengatakan, kunjungan dirinya bersama rombongan ke Bireuen dalam rangka kegiatan reses untuk menyerap aspirasi masyarakat. Melihat langsung program-program bantuan pemerintah, khususnya mitra kerja Komisi IV, termasuk salah satunya program P2L ini.

Dikatakannya, program P2L Kelompok Wanita Tani Aneuk Makmu tersebut, sangat bagus. Ini bisa dijadikan contoh untuk masyarakat, khususnya Kelompok Wanita Tani yang ada di Bireuen khususnya dan Aceh umumnya.

Menurut Muslim, program P2L tahun ini melalui aspirasinya sebanyak 50 titik yang tersebar di delapan kabupaten/kota dalam wilayah Dapil Aceh II.

Diharapkan dengan adanya program pemerintah ini, bisa memberikan kesejahteraan buat keluarga maupun masyarakat sekitarnya, dalam rangka pengembangan ekonomi.

“Kalau program ini berhasil, Insya Allah tahun depan kita minta sama pemerintah untuk menambah lagi bantuannya,” janji Muslim.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pangan Provinsi Aceh, Cut Yusminar, A.Pi., M.Si, dalam sambutannya antara lain menyebutkan, P2L ini merupakan program prioritas yang diutamakan oleh dinas pangan pada masa pandemi Covid-19.

“Menitik beratkan pada mengusahakan lahan atau pekarangan tidur, untuk ditanami sayuran dan tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga, bisa dikonsumsi serta dijual,” jelas Cut Yusminar.

Kegiatan itu dirangkai dengan penyerahan buah tangan dari Bupati Muzakkar A. Gani kepada Ketua Kelompok Wanita Tani Aneuk Makmu Desa Bireuen Meunasah Tgk Digadong, penyerahan secara simbolis sarana P2L oleh Muslim dan pemotongan pita, sebagai tanda panen perdana hasil tanaman Kelompok Wanita Tani Aneuk Makmu.

Acara tersebut turut dihadiri Ketua Fraksi Juang Bersama DPRK Bireuen, Zulfikar, SE., MM atau Zulfikar Apayub beserta rekan-rekannya anggota dewan setempat dari Partai Demokrat. Selain itu, juga ikut dihadiri Ir. Mukhtar, M.Si (Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Bireuen), Irwan, SP., M.Si (Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Bireuen) dan sejumlah pejabat Pemkab Bireuen lainnya. (Herman Suesilo /*)