KABAR BIREUEN – Babinsa Desa Paloh Raya Pos Ramil Kutablang jajaran Kodim 0111/Bireuen, ikut melaksanakan pendampingan petani dalam proses perontokan padi yang telah dipotong di persawahan desa setempat, Selasa (27/3/2018).

Dengan penuh semangat dan tulus, Babinsa Paloh Raya, merontokkan padi jenis Ciherang milik  Idris seluas 1,5 hektar.

Idris sangat bangga dan senang dengan kehadiran Babinsa yang ikut terjun langsung membantu para petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani sehingga petani merasa lebih bersemangat.

“Dengan adanya pendampingan dan bimbingan dari para Babinsa hasil panen kali ini cukup sa  sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat dari musim panen sebelumnya,” kata dia.

Karena itu, dia berharap hal ini dapat terus berkelanjutan supaya musim panen kedepan lebih berhasil, sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan.

“Ini sesuai dengan program pemerintah khususnya ketahanan pangan di Kecamatan Kutablang sehingga warga masyarakat tidak sampai kekurangan sandang pangan,” harapnya.

Babinsa Pos Ramil Kuta Blang Serda Japarudin yang ikut dalam proses perontokan menyampaikan, dia akan senantiasa terus mengajak dan menghimbau para petani selesai musim panen supaya segera melaksanakan pengolahan tanah kembali untuk masa tanam berikutnya

“Diharapkan sawah tidak terlalu lama di terlantarkan dan menjadi lahan kosong sehingga petani dapat menghasilkan lagi,” sebutnya.

Sementarq itu, Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Amrul Huda, S.E., M.M., M.Sc. menyampaikan, upaya mewujudkan swasembada pangan dengan pendampingan para Babinsa pada petani.

Dimulai dari pengairan, pengolahan lahan, pembibitan, masa tanam, perawatan, pemupukan sampai dengan masa panen, sehingga dapat menghasilkan panen padi yang lebih baik.

“Walaupun ada kendala di sana sini misalnya masalah kelangkaan pupuk, pemberantasan hama maupun pengairan yang kurang mencukupi apalagi di akhir akhir ini curah hujan sangat kurang sehinga kebutuhan air sangat minim,” katanya.

Karena itu, Dandim berharap para petani dapat terus ikut mensukseskan program swasembada pangan nasional. (Ihkwati))