KABAR BIREUEN-Mengantisipasi menjamurnya gelandangan dan pengemis (gepeng) musiman menjelang Ramadhan di Bireuen, tim gabungan yang terdiri dari Dinas Sosial Bireuen, Kepolisian dan Satpol PP/WH akan melakukan razia.

Kepala Dinas Sosial Bireuen Drs Murdani melalui Kabid Rehabilitasi Sosial, Faisal Kamal S.Sos, diruang kerjanya, Jumat (26/4/2019) kepada Kabar Bireuen menjelaskan, jumlah pengemis dari luar daerah ke Bireuen diprediksi akan meningkat seiring tibanya bulan suci Ramadhan.

Fenomena ini sudah menjadi tradisi setiap tahun menjelang puasa yang banyak didatangi gepeng luar daerah, dikarenakan pada bulan suci Ramadhan umat muslim di kota Bireuen ini memperbanyak beramal dengan cara bersedekah, ujar Kabid Rehabilitasi Sosial ini.

Menurut Faisal Kamal didamping Kasi Pelayanan Sosial Dinas Sosial Bireuen Ery Syah Reza, kehadiran pengemis tersebut sering dikeluhkan masyarakat, apalagi dari sisi keamanan dan kenyamanan.

“Selama bulan puasa, penertiban akan ditingkatkan untuk memberikan ketenangan bagi masyarakat selama menjalankan ibadah puasa,” ujar Faisal Kamal.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Sosial Dinas Sosial Bireuen Ery Syah Reza menambahkan, tidak mudah menertibkan gepeng. meskipun sering dilakukan razia dengan mengintensifkan operasi.

Umumnya para pengemis yang sering ditangkap selama ini adalah pengemis berasal dari sejumlah Kabupaten/Kota di Aceh, bahkan juga dari luar Provinsi dengan berbagai modus.

“Mungkin keberadaan mereka untuk mengais rejeki dengan cara meminta-minta di Bireuen ada yang mengkoordinir,” jelas Ery Syah Reza.

Dihimbau kepada masyarakat serta pengguna jalan untuk tidak memberikan sumbangan apapun kepada para pengemis.

“Apabila kita berikan akan membuat mereka malas, sebab sudah keenakan mencari uang dengan cara demikian,” pungkas Ery Syah Reza. (Herman Suesilo).

BAGIKAN