KABAR BIREUEN-Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, dalam rangka menyemarakan suasana Hari Ulang Tahun ke-20 gelar kegiatan lomba Asmaul Husna dan Mars PKK

Prosesi pembukaan kegiatan lomba ini berlangsung di Balai Desa Kecamatan setempat, Sabtu (26/10/2019), dibuka secara resmi oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Bireuen diwakili oleh Sekretaris TP-PKK Bireuen, Israwati M. Kes.

Pada kesempatan itu dalam inti sambutannya, Israwati memberi apresiasi kepada TP-PKK Kecamatan Peusangan dan TP-PKK Gampong dalam wilayah kecamatan setempat, atas pelaksanaan kegiatan ini,

Disebutkan, TP-PKK Kabupaten sangat mendukung setiap program dan kegiatan-kegiatan yang digelar TP-PKK Kecamatan dan Gampong.

“Semoga TP-PKK kecamatan lainnya juga dapat melaksanakan kegiatan positif seperti ini,” harap Israwati.

Sebelumnya Ketua TP-PKK Kecamatan Peusangan, Ida Arini S. Ked melaporkan, lomba ini digelar dalam rangka suasana HUT Kabupaten Bireuen ke 20.

Dijelaskan kegiatan ini dipusatkan di Balai Desa Kecamatan Peusangan selama dua hari (26-27/10/2019), meperlombakan dua mata lomba, yaitu Asmaul Husna dan Mars PKK, diikuti 32 tim, setiap tim minimal berjumlah delapan orang dan maksimal sebelas orang sebagai peserta.

Ada tiga juri yang menilai setiap penampilan peserta, ketiga juri netral tersebut berasal dari unsur Bidang Seni dan LPTQ. Juara 1.2 dan 3 masing-masing mata lomba, diberikan hadiah berupa Piala, Piagam dan Bingkisan, dengan hadiah total berjumlah 8 juta.

“Ucapan terimakasih disampaikan kepada TP-PKK Gampong se Kecamatan Peusangan dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” ujar Ida Arini.

Sementara itu ditempat terpisah, Pembina TP-PKK Kecamatan Peusangan Erry Seprinaldi, SSTP,. S. Sos,. M.Si mengharapkan, dengan perlombaan Mars PKK dan Asmaul Husna antar gampong dalam Kecamatan Peusangan ini, semakin membangkitkan motivasi keinginan masyarakat khususnya anggota PKK Gampong untuk semakin meningkatkan aktivitas PKK di gampong masing-masing.

Selain itu, diharapkan lomba Asmaul Husna yang merupakan kegiatan Pokja 1 dan lomba Mars PKK merupakan kegiatan sekretariat bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

“Begitu juga untuk pokja-pokja lain juga bisa kita perlombakan seperti ini,” kata Camat Erry Seprinaldi.

Tetapi yang paling penting adalah kegiatan PKK harus aktif di seluruh gampong, dimana administrasi PKK gampong sudah benar, baik dari Buku Administrasi, Papan Pokja, Surat Keputusan, Struktur PKK dan Administrasi lainnya.

Kedepan diharapkan TP-PKK Gampong, mau untuk meningkatkan kapasitas pengurusnya sehingga 10 Program Pokok PKK terlaksana dengan baik sehingga tujuan dari adanya kegiatan PKK tercapai.

Oleh karena itu kami menghimbau agar di seluruh gampong dilaksanakan Musrenbang khusus perempuan sebelum dilaksanakan Musrebang Gampong.

“Hal ini penting dalam rangka memastikan seluruh program dan kebutuhan terkait perempuan di gampong bisa masuk dalam perencanaan gampong yang akan dituangkan dalam RAPBG,” jelas Pembina TP-PKK Kecamatan Peusangan ini. (Herman Suesilo).

BAGIKAN