KABAR BIREUEN – Hikmah puasa Ramadhan menahan diri dari dari nafsu mulai terbit fajar  sampai tenggelamnya matahari.

Bagi umat Islam ibadah puasa Ramadhan merupakan kewajiban melaksanakan rukun Islam keempat.

Demikian disampaikan  Tgk Ismuar S Ag peceramah tim 1 Safari Ramadhan dalam tausiah Ramadhan di Mesjid Al Ikhlas Gampong Cot Batee, Rabu malam (28/4/2021).

Dikatakan,  ada sembilan hikmah dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan melaksanakan perintah Allah.

Tujuan puasa untuk mentaati segala perintah Allah mendekatkan diri kepada-Nya.

Manfaat puasa tidak hanya menahan diri dari rasa harus dan lapan tetapi juga menjaga diri kita dari perkataan dan perbuatan yang tidak baik serta menjauhi segala perbuatan yang tidak baik.

Bulan puasa Ramadhan suatu kesemapatan bagi setiap muslim untuk meningkatkan ketaqwaaan dan  nilai sosial. Dengan menjalankan puasa, orang kaya merasa bagaimana perasaan menahan lapar setiap hari yang dirasakan oleh orang yang kurang mampu.

“Puasa dapat mencegah maksiat. Untuk menghindari hal itu kita bisa melakukan hal positif di bulan Ramadhan, segala bentuk kebaikan yang kita kerjakan akan dilipat gandakan pahanya,” ujar Tgk Ismuar.

Kemudian di bulan Ramadhan dapat mengontrol emosi atau marah yang dapat membatalkan puasa.

Bulan Ramadhan bagi orang muslim untuk meningkatkan ketaqwaan, kesehatan jasmani dan rohani, meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol gula darah, meningkatkan kesehatan otak dan mencegah peradangan.

“Puasa di bulan Ramadhan sebagai bahan merefleksi diri agar tetap lebih baik serta melatih diri untuk hiudp sederhana serta merekatkan tali silaturrahmi persaudaraan dengan keluarga, kerabat, teman dan orang-orang muslim lainnya,” sebutnya. (H.AR Djuli).