KABAR BIREUEN – Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.Si, mengatakan, keberadaan Gedung Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), harus menjadi spirit (semangat) dalam mendidik anak-anak dan melahirkan generasi qur’ani.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Muzakkar dalam sambutannya saat meresmikan Gedung LPTQ Kabupaten Bireuen dan Gedung Serbaguna Kantor Camat Kota Juang, di Gedung LPTQ setempat, Jalan Medan-Banda Aceh (Samping Kantor Kejari Bireuen), Cot Gapu, Kamis (15/7/2021).

“Dengan adanya gedung ini, nantinya diharapkan lahirnya generasi qur’ani, qari-qariah yang andal dan mampu membawa harum nama baik Kabupaten Bireuen dalam ajang MTQ Provinsi Aceh maupun MTQ Nasional,” ujar Muzakkar.

Menurutnya, LPTQ merupakan salah satu fondasi yang berkarakter. Jika fondasi kokoh, maka seluruh unsur dan struktur bangunan di atasnya memiliki pijakan yang kuat. Ini sesuai dengan visi Kabupaten Bireuen yaitu terwujudnya Kabupaten Bireuen yang adil, makmur, aman, damai berlandaskan Syariat Islam.

“Mengembangkan LPTQ menjadi bagian yang tak terpisahkan dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Bireuen ini,” jelas Muzakkar.

Begitu juga, katanya, dengan Gedung Serbaguna Kantor Camat Kota Juang di Jalan Laksamana Malahayati. Bangunannya kokoh dan letaknya strategis, sangat menunjang aktifitas Pemerintah Kecamatan Kota Juang.

“Tersedia aula yang luas dan representatif pada lantai dua. Masalah tempat rapat-rapat dinas dengan aparatur desa, sudah bisa teratasi,” ungkap Muzakkar.

Sementara Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen, Anwar, S.Ag., M.A.P, dalam laporannya menjelaskan, Gedung LPTQ tersebut dibangun dua tahap, pada tahun 2019 dan 2020. Total anggarannya sebesar Rp5,9 miliar lebih.

Sedangkan Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Kota Juang, dibangun pada tahun 2019. Anggarannya sebesar Rp4,8 miliar lebih. Kedua gedung ini dibangun dari sumber dana otonomi khusus (Otsus).

“Fasilitas yang tersedia pada kedua gedung tersebut tergolong lengkap dan memadai,” sebut Anwar.

Dijelaskannya, Gedung LPTQ terdiri dari tiga lantai. Memiliki halaman depan, belakang dan basement tempat parkir kendaraan roda dua berkapasitas muat 20 unit sepeda motor.

Anwar, S.Ag., M.A.P

Pada lantai satu tersedia lima ruangan yang akan diperuntukkan untuk ruang security, lobby, ruang umum, keuangan dan ruang kepala dinas.

Sementara di lantai dua, terdapat delapan ruangan yang akan diperuntukkan untuk ruang rapat, ruang kerja bidang, gudang dan 1 mushalla laki-laki dan 1 mushalla perempuan.

Pada lantai tiga terdapat 10 ruangan. Delapan ruangan diperuntukkan untuk ruang inap, satu ruangan untuk ruang belajar/makan dan satu ruangan untuk tempat jemuran.

Dalam ruang inap, tersedia 22 unit ranjang bertingkat, dengan 44 set kasur/bad. Seluruh ruangan dilengkapi AC, juga tersedia 17 toilet/kamar mandi.

“Gedung LPTQ ini sangat representatif untuk training center dengan kapasitas 40 orang. Adapun fasilitas pendukung yang belum tersedia dan perlu segera ditanggulangi, yaitu teralis besi dan gorden jendela, sound system untuk aula dan pagar belakang,” papar pria yang akrab disapa Cek Wan ini.

Adapun Gedung Serbaguna Kantor Camat Kota Juang, dilaporkannya, terdiri dari dua lantai. Lantai pertama seluruhnya diperuntukkan untuk ruang kerja.

Sementara pada lantai dua tersedia aula sangat representatif untuk pertemuan dengan seluruh perangkat gampong dalam Kecamatan Kota Juang. Aula tersebut juga dapat digunakan untuk keperluan masyarakat lainnya. Hanya saja, pagar untuk seluruh bagian halaman gedung yang belum ada dan perlu dibangun segera.

Peresmian kedua gedung tersebut dalam waktu bersamaan di satu tempat, juga disertai peusijuek oleh Tgk. H. Muhammad Ishak atau Abon Cot Tarom, Pimpinan Dayah Darussa’adah Cot Tarom Baroh, Kecamatan Jeumpa.

Acara yang menerapkan protokol kesehatan ini, turut dihadiri Plt. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bireuen Mangantar Siregar, SH, Kapolres Bireuen AKBP Taufik Hidayat, SH., SIK., M.Si beserta unsur Forkopimda lainnya, Sekda Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si, Camat Kota Juang Drs Jalaluddin, M.Si dan sejumlah Kepala SKPK dalam lingkungan Pemkab Bireuen. (Red)