KABAR BIREUEN-Pengurus Cabang (Pengcab) Muaythai Kabupaten Bireuen, datangkan mantan atlet seni bela diri campuran atau Mixed Martial Arts (MMA) Indonesia, Ricky Asriel Refwalu.

Ricky Asriel Refwalu adalah mantan atlet Muaythai profesional Indonesia yang kini sebagai pelatih di sasana MMA di Granat Fighting Club Jakarta.

Kehadiharannya selama tiga hari, (26-28/10/2020) di Bireuen, atas undangan dari Pencab Muaythai Kabupaten Bireuen, untuk mengasah kemampuan khususnya teknik serta latihan bersama dengan puluhan atlet Muaythai Bireuen.

Pelatihan ini berlangsung di Sasana Kampus Institut Agama Islam (IAI) Almuslim, Paya Lipah Peusangan Bireuen,

Selain itu, pada Rabu pagi (28/10/2020), Ricky Asriel Refwalu bersama puluhan atlet Muaythai Bireuen, berlatih di kawasan pantai dan pada sore harinya kembali berlatih di sasana IAI Almuslim.

Pada kesempatan itu, Ricky Asriel Refwalu menjelaskan, kemauan dan kedisplinan para atlet Muaythai Bireuen luar biasa, mereka memiliki pontensi.

Menurut mantan atlet Muaythai profesional ini, kalau dilihat dari motivasi dan kegigihan para atlet Muaythai Bireuen, dirinya yakin, bisa lolos ke Pekan Olahraga Aceh (PORA) nanti, kendati butuh latihan keras lagi.

Dikatakan, untuk memajukan olahraga di Aceh sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak. Selain itu juga harus sering dilaksanakan pertandingan di daerah, sehingga pengalaman atlet saat bertanding bertambah.

Sebelumnya, Ketua Umum Muaythai Bireuen, Munazir Nurdin didampingi Sekretaris Umum, Fauzan kepada wartawan mengatakan, kehadiran
Ricky Asriel Refwalu di Bireuen, selain memberikan motivasi juga bimbingan teknik untuk atlet Muaythai Bireuen.

Selain itu, dengan adanya bimbingan ini, kiranya dapat menambah ilmu dan pengalaman atlet bertanding menjelang Pra PORA Aceh nanti.

“Ini awal dari sebuah kemajuan bagi atlet Muaythai Bireuen untuk persiapan menjelang Pra PORA,” kata Munazir Nurdin.

Harapannya, atlet Muaythai Bireuen, nantinya bisa lolos lagi pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 21 tahun 2024 nanti, seperti atlet Muaythai kita atasnama Yukai Prihatin Martin yang sedang berlatih persiapan diri mewakili Aceh pada PON ke 20 yang digelar tahun depan di Papua

“Semoga kedepan atlet-atlet Muaythai Bireuen dapat mengukir prestasi terbaik disetiap kejuaraan baik di daerah maupun tingkat nasional,” harap Ketua Umum Muaythai Bireuen ini.

Amatan Kabar Bireuen di lokasi, saat Ricky Asriel Refwalu memberi bimbingan dan pelatihan kepada puluhan atlet Muaythai Bireuen, pelatih kelahiran Papua ini didamping oleh Ketua Umum Muaythai Bireuen, Munazir Nurdin, S.Sos. Sekretaris Umum Fauzan, S.Pd, M.Pd. pelatih Muaythai Bireuen, Khairul Rijal dan Ketua Harian KONI Bireuen, Drs Murdani.

Adapun pemantapan teknik yang diberikan, diantaranya memeragakan gerakan-gerakan tertentu, meningkatkan kecepatannya menendang yang sempurna, dilanjutkan dengan pukulan tangan dan kaki. (Herman Suesilo).

BAGIKAN