KABAR BIREUEN-Ketua Umum KONI Bireuen diwakili Sekretaris Umum Zamzami S.Pd, melepas keberangkatan sejumlah atlet tinju Bireuen melakukan try out ke Aceh Tamiang.

Prosesi penglepasan dilakukan di halaman Pendopo Bupati Bireuen, Sabtu (26/12/2020) pagi.

Meski belum memiliki sasana, petinju Bireuen yang diproyeksikan berlaga di Pra Pora semakin intensif menjalankan program latihan, sebelumnya melakukan sparring partner dengan petinju dari Aceh Besar serta dengan petinju dari sasana Muara Cunda Boxing Kota Lhokseumewe.

Program tryout ini, petinju Bireuen akan melakukan pertandingan Eksibisi dengan petinju dari sasana Brigade Boxing Camp (BBC) Langsa. Minggu (27/12/2020), di Komleks POM Kota Kuala Simpang, Aceh Tamiang.

Ada tujuh atlet tinju Pertina Bireuen yang diikut sertakan dalam eksibisi ini, yaitu Fajriadi kelas (46 Kg), Farhan kelas (49 Kg), Sadikin kelas (51 Kg), Fatan kelas (56 Kg), Mulyadi kelas (60 Kg), Raihan kelas (64 Kg), Asrul kelas (81 Kg).

Dalam laga itu, Bireuen juga memboyong satu petinju usia dini atas nama, Ahmad Azam Kurniawan, murid kelas 2 di Sekolah Dasar.

Dalam try out ini mereka didamping tim menejer Juhari Tanjung, pelatih kepala Jhoniful Bahri dan pelatih Ari Kurniawa dan Asisten Pelatih Rahmat.

Dalam inti arahannya Zamzami, mengatakan, dengan adanya program Tryout ini, diharapkan menjadi tolak ukur para atlet tinju Bireuen, sebagai persiapan dalam menghadapi Pra Pora nanti.

Meski try out ini sebagai ajang eksibisi, diminta para petinju agar fokus saat berlaga nanti, dengarkan arahan pelatih, dan jangan terpancing emosi.

Diharapkan juga kepada pelatih untuk terus memantau perkembangan atlet, dirinya yakin dan optimis atlet Pertina Bireuen, akan mampu meraih tiket Pora.

“Kepada tim tinju Bireuen, diingatkan jangan lupa shalat lima waktu, jaga kesehatan tetap mengacu pada protokol kesehatan,” pesan Sekretaris Umum KONI Bireuen ini.

Ketua Umum Pertina Bireuen, Kapten CPM Muliadi kepada Kabar Bireuen, mengatakan, pada laga eksibisi dengan petinju sasana Brigade Boxing Camp Kota Langsa ini, sebagai uji coba persiapan menjelang Pra Pora.

“Saat ini petinju Bireuen semuanya rata-rata pemula, kecuali dua petinju yang sudah berpengalaman. Ini kita lakukan sebagai uji tanding dengan petinju luar Bireuen,” ujar Muliadi.

Sementara itu, Kepala Pelatih Tinju Bireuen, Jhoniful Bahri didampingi pelatih Ari Kurniwan dan asisten pelatih Rahmat, mengatakan, uji tanding dengan petinju Sasana BBC Brigade Boxing Camp Kota Langsa untuk melihat kemampuan atlet sambil melakukan silaturahmi.

“Apalagi selama ini di Aceh tidak ada pertandingan tinju sama sekali, sehingga atlet itu jenuh letihan terus menerus,” sebutnya.

Jhoniful Bahri juga mengucapkan terimakasih kepada KONI Bireuen, Kodim 0111/Bireuen yang telah membantu satu unit bus untuk memberangkatkan atlet ke Aceh Tamiang, juga kepada Disporapar Bireuen, Kepala SMK 1 Peusangan serta kepada seluruh donatur yang ikut membantu dan mendukung kegiatan ini. (Herman Suesilo).