KABAR BIREUEN-Lembaga Bimbingan Belajar Teknos Genius Aceh bekerja sama dengan Ikatan Masyarakat Kabupaten Bireuen (IMKB) dan Pemerintah Kabupaten Bireuen melaksanakan Simulasi CAT (Compputer Assistant Test) CPNS 2020 di Aula Setdakab Lama Bireuen dan di SMPN 1 Bireuen, Minggu (8/12/2019).

Acara ini turut dihadiri Ketua Ikatan Masyarakat Kabupaten Bireuen (IMKB) Darwati A. Gani dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bireuen Mawardi, S.SSTP, M.Si.

Direktur Bimbel Teknos Aceh, Murhadi mengatakan, simulasi ini diikuti sekitar 2 ribu peserta yang akan yang akan mengikuti ujian CAT yang akan dilaksanakan pada Februari 2020 nanti, peserta tidak hanya dari Kabupaten Bireuen, namun ada dari Aceh Utara, Lhokseumawe, Bener Meriah dan Aceh Tengah.

“Peserta begitu antusias mengikuti Simulasi CAT CPNS, buktinya begitu pendaftaran online dibuka dalam sekejap peserta mencapai 2 ribu sehingga pendaftaran langsung ditutup mengingat kapasitas ruangan terbatas, simulasi ini tanpa dipungut biaya,” sebutnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pembekalan materi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sebelumnya, kegiatan serupa juga pernah dilaksanakan di Stadion H. Dimurtala Lampineung, Banda Aceh yang diikuti 10 ribu peserta.

Peserta yang telah mendaftar diberikan link untuk mendownload aplikasi melalui Android dan Iphone, saat simulasi panitia memberikan kata sandi sehingga peserta akan mendapatkan 100 soal yang terdiri dari 30 soal TWK, 35 Soal TIU dan 35 Soal TKP, adapun waktu yang diberikan dalam mengerjakan soal selama 90 menit.

Kepala BKPSDM Bireuen Mawardi, S.SSTP, M.Si dalam kata sambutannya mengatakan, formasi CPNS Kabupaten Bireuen tahun ini sebanyak 263 orang, dan Pemkab Bireuen membuka kesempatan bagi seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai ke Marauke mengikuti CPNS di Bireuen sehingga persaingan CPNS akan lebih berat.

Mawardi mengimbau kepada peserta dari dalam daerah benar-benar memanfaatkan simulasi dan bimbingan belajar ini agar mampu lulus Tes SKD CPNS.

Sementara itu, Ketua IMKB, Darwati A Gani menyebutkan, pihaknya memprakarsai simulasi ini agar peserta dari Kabupaten Bireuen tidak kalah bersaing dengan peserta dari kabupaten lain, bahkan dari luar daerah.

“Adik-adik yang ikut Simulasi CAT CPNS hari ini beruntung, setidaknya pada saat ujian nanti tidak merasa asing lagi dengan soal ujian seperti ini, Begitupun dengan hasil simulasi ini dapat mengukur kemampuan masing-masing sehingga adik-adik tahu materi mana yang perlu ditingkatkan lagi,” jelasnya. (REL)

BAGIKAN