KABAR BIREUEN Grup Marching Band Gita Batee Kureng (MBGBK) SMPN 1 Bireuen, ikut lomba Aceh Marching Band Championship (AMBC) – V Virtual 2020 Divisi High School.

Pelaksanaan event AMBC dalam rangka memperebutkan piala bergilir dan piala tetap Gubernur Aceh tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya.

Dimana pada tahun sebelumnya penilaian penampilan para peserta lomba, dinilai secara langsung oleh juri serta perlombaan digelar di Banda Aceh.

Sementara untuk tahun ini dalam situasi kondisi pandemi covid-19 yang melanda dunia, Aceh Marching Band Championship (AMBC) – V 2020, diperlombakan dan dinilai dalam bentuk Virtual.

Kepala SMPN 1 Bireuen, selaku pembina MBGBK Ibrahim Harun, S.Pd.,MSM kepada Kabar Bireuen, Senin (24/8/2020) sore menjelaskan, untuk tahun ini dalam kondisi pandemi covid-19, pihaknya mengikuti event ini, dalan bentuk virtual.

“Setiap peserta harus mengirimkan video setiap katagoryi yang ikut dilombakan ke panitia pelaksana untuk dinilai para juri,” sebutnya.

Dijelaskan, Marching Band Gita Batee Kureng SMPN 1 Bireuen dalam even ini akan mengikuti delapan category yang diperlombakan.

Yaitu category Solo Battery, Solo Brass, Solo Colorguard, Solo Pit Instrument. Kemudian, categoey Band Concert, Battery Ensemble, Colorguard Ensemble dan Pit Ensemble.

“Penampilan para atlet pada semua category tersebut, dikemas dalam bentuk video dengan durasi yang telah ditentukan pihak panitia,” jelas Ibrahim Harun.

Dijelaskan, ada dua lokasi tempat pengambilan shoting video untuk virtual event ini, yaitu di Rumoh Adat Aceh Gampong Cot Trieng Kecamatan Kuala dan di halaman sekolah setempat.

Meski dalam pandemi covid-19, namun antusias penampilan anak-anak mengikuti event ini patut diapresiasi, dengan predikat sebagai juara umum, mereka tampil maksimal, percaya diri, kompak serta penuh semangat.

“Mereka merasa yakin Insya Allah MBGBK SMPN 1 Bireuen kembali keluar sebagai juara umum untuk ketiga kalinya tahun ini,” sebut Kepala SMPN 1 Bureuen ini.

Menurut Ibrahim Harun, Time Line Copetition, yaitu batas upload Video pada 25/8/2020, tahap seleksi pada 25-26/8/2020, penjurian 26/8/2020, rapat juri 28/8/2020 dan pengumuman pemenang diumumkan pada 29/8/2020.

“Kita berharap meski event ini diperlombakan dalam bentuk virtual, semoga kita menjadi yang terbaik, sehingga dapat mempertahankan juara umum untuk ketiga kalinya secara berturut, dimana pada tahun 2018 dan 2019 kita keluar sebagai juara umum dalam event ini,” ujar Pembina MBGBK SMPN 1 Bireuen ini. (Herman Suesilo).

BAGIKAN