KABAR BIREUEN – Dalam rangka persiapan pelaksana Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra Pora) III, cabang olahraga (cabor) drumband, Pengurus Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Aceh, menggelar Technical Meeting (TM) II di Bireuen.

Rapat tersebut dibuka Wakil Ketua I PDBI Aceh, Drs. H. Muhammad Ismail, M.Si, mewakili Ketua Umum PDBI Aceh, H Kamaruddin Abubakar, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Minggu (13/6/2021).

TM ini dihadiri sejumlah pengurus dari PDBI Aceh dan PDBI Bireuen, selaku tuan rumah. Selain itu, juga turut dihadiri pengurus PDBI dari Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Besar, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Utara, Pidie Jaya, Simeulue, Kota Langsa, Sabang, Banda Aceh dan Kota Lhokseumawe.

Pertemuan tersebut membahas tentang teknis perlombaan dan peninjauan venue lomba.

Dalam TM ini, Muhammad Ismail menjelaskan, Pra PORA sebagai ajang penentuan mendapatkan tiket bagi kabupaten/kota untuk bisa berlomba di PORA XIV/2022 di Pidie.

Adapun nomor lomba yang dipertandingkan pada Pra Pora cabor drumband, yaitu lomba berbaris jarak pendek putra 800 meter dan putri 600 meter.

Kemudian, lomba ketahanan dan kecepatan berbaris campuran 400 meter dan 200 meter serta lomba unjuk gerak.

Ketua Umum PDBI Bireuen, Drs. M. Nasir, M.Pd, kepada Kabar Bireuen, mengatakan, Kabupaten Bireuen ditetapkan sebagai tuan rumah Pra Pora cabang olahraga drumband, pada rapat koordinasi dan persiapan Pra PORA Pengprov PDBI Aceh yang dilaksanakan di ruang rapat Sekretariat KONI Aceh, Banda Aceh, Jumat (26/2/2021) lalu.

“Pelaksana Pra Pora Aceh cabor drumband ini diperkirakan digelar di Bireuen pada bulan Agustus mendatang. Bireuen siap melaksakanan event Pra Pora ini,” sebut M. Nasir.

Menurut dia, selain membahas teknis perlombaan, dalam TM ini  juga dibahas tentang kesiapan tuan rumah (Bireuen). Di antaranya, tentang penginapan para atlit dan lokasi lomba. (Herman Suesilo)