KABAR BIREUEN – Ajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jenjang Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Bireuen Tahun 2021, telah berakhir dengan sukses.

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Bireuen dengan menerapkan Prokes Covid-19 ini, berlangsung selama dua hari (14-15/6/2021).

Kadis P dan K Bireuen, Drs. M. Nasir, M.Pd, melalui Kabid Pembinaan SD Dinas P dan K Bireuen, Alfian, M.Pd kepada Kabar Bireuen, Selasa (15/6/2021), menjelaskan, selain melatih kepiawaian dalam menguasai cabang olahraga (cabor), KOSN ini juga menempa kepercayaan diri peserta didik untuk bertanding, meningkatkan mutu pendidikan jasmani dan kesehatan para peserta didik.

“Ajang kompetisi yang tahun sebelumnya bernama Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ini, memperlombakan 10 cabor, yaitu karate, catur, panjat tebing, pencak silat, bulu tangkis putra, bulu tangkis putri, panahan, tenis meja, renang dan kid atletik,” sebut Alfian.

Dijelaskannya, untuk menghindari kerumunan peserta dan penonton, cabor yang diperlombakan digelar di beberapa lokasi. Seperti karate, pencak silat, panjat tebing, bulu tangkis putra-putri, dipertandingkan di GOR Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa.

Kemudian, kid atletik di lapangan samping SDN 7 Bireuen, panahan di Kompleks Sekolah Sukma, catur di SDN 12 Bireuen, bulu tangkis putri di Aula SKB, renang di Cot Gapu dan tenis meja di SDN 5 Bireuen.

Usai pertandingan, panitia langsung mengumumkan pemenangnya. Prosesi penyerahan piala dan penghargaan serta hadiah bagi para juara, dilaksanakan di lokasi pertandingan.

“Apresiasi buat semua panitia dan peserta. Selama KOSN ini berlangsung, tetap mengikuti protokol kesehatan,” ujar Alfian. (Herman Suesilo /*)