KABAR BIREUEN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan, di halaman Pendopo Bupati setempat, Sabtu pagi. (10/11/2018).

Pada upacara itu, Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos, bertindak sebagai Inspektur upacara, serta Mulya Saputra selaku Komandan upacara.

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 mengangkat tema ” Semangat Pahlawan Di Dadaku” dirangkai dengan pembacaan teks Pancasila oleh Saifannur.

Pembukaan UUD 1945 oleh Mursyidin S.Sos dari Humas dan Protokoler serta pesan-pesan Pahlawan oleh Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Bireuen HAR Juli.

Pada kesempatan itu Bupati Bireuen membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI. Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam inti amanah itu Bupati menyampaikan, Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis dan dinamis, bisa menguatkan bahkan dapat melemah, Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

Tema hari pahlawan tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap Insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia untuk melakukan intropeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera adil dan makmur.

Negeri Ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jadi dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha usaha Kesejahteraan Sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial, mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi.

Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan Bupati Bireuen mengajak, marilah kita bersama-sama berbuat yang terbaik bagi bangsa ini.

Pada kegiatan ini hadir diantaranya, Wakil Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A Gani, SH., M.Si. Sekda Bireuen Ir. Zulkifli, Sp. Ketua DPRK Bireuen, Muhammad Ridwan SE., M.Si, unsur Forkopimda, TNI/Polri, PNS Lingkungkan Pemkab Bireuen dan undangan lainnya.(Herman Suesilo)

BAGIKAN