KABAR BIREUEN – Tim percepatan pembangunan venue tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara 2024, M Zaini Yusuf meninjau lapangan Paya Kareung, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Minggu (20/6/ 2021).

Dalam tinjau tersebut, M Zaini Yusuf didampinggi Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Bireuen, Muhammad Al Muttaqin SPd MPd, Sekretaris KONI Zamzami, SPd, Ketua Harian ASKAB PSSI Bireuen, Sekum Bola Tangan Bireuen T Iskandar, anggota tim Zulfikar serta budayawan Samsul Bahri.

Kendatangan tim tersebut untuk kedua kali ke Bireuen hari ini untuk memastikan kesiapan dan keseriusan dari Bireuen menjadi salah satu tuan rumah PON XXI untuk cabang sepak bola dan bola tangan nantinya.

Dikatakannya, kendala yang dihadapi kabupaten/kota selama ini adalah belum ada surat keputusan (SK) penetapan lokasi baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Hal ini menjadi pembahasan rapat di KONI Aceh kemarin,” sebutnya.

Karena itu, untuk melakukan percepatan Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf membentuk tim untuk turun ke kabupaten/kota yang mengajukan diri sebagai tuan rumah, salah satunya Kabupaten Bireuen.

“Kehadiran kami ke Bireuen, bagian dari tim tersebut untuk memverifikasi dan juga menanya langsung keseriusan, kesiapan, keabsahan administrasi, sehingga saat kita ajukan penetapan SK ke Gubernur Aceh, semuanya sudah siap tidak ada lagi kendala,” jelas Zaini.

Ditambahkan Zaini, apabila di tahun 2021 ini Aceh juga belum siap, bukan gagal tapi nanti akan terkendala.

“Kita berharap Bupati/Walikota dan Gubernur Aceh, agar segera dapat mengeluarkan SK penetapan lokasi sehingga daerah-daerah yang telah siap seperti Bireuen, tidak ada kendala lagi mengajukan pembangunan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk Kabupaten Bireuen, sebut Zaini, sesuai dengan pengajuan dua lapangan untuk pelaksanaan PON XXI yang akan dibangun yaitu cabang sepak bola dan bola tangan lokasi di lapangan Paya Kareung kita kunjungi ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Bireuen, Muhammad Al Muttaqin SPd MPd, menambahkan, luas areal lahan di Paya Kareung ada 36 hektare dan 7,3 hektare digunakan untuk stadion dan Bireuen sudah siap jadi tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Bireuen sudah sangat siap untuk menjadi tuan rumah, bahkan berkas bapak Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi sendiri antar ke Banda Aceh,” ungkapnya.

Kadisporapar Bireuen dan tim percepatan pembangunan venue tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut dibentuk KONI Aceh berharap SK penetapan lokasi dapat segera selesai. Sehingga, tahapan proses pembangunan venue tersebut dapat dilakukan nantinya. (Ihkwati)