KABAR BIREUEN-Tgk. Yunalis Abdul Gani B.Sc, M, putra asal Cot Trieng, Kecamatan Simpang Mamplam, Bireuen, Senin (21/12/2020) sukses meraih gelar master di Universitas Al-Ahgaf dengan predikat sangat memuaskan.

Putra kedelapan dari alm. Tgk. Abdul Gani Ali dan Nur Asma Harun ini berhasil mempertahankan tesisnya dihadapan tiga guru penguji dalam sidang terbuka di Auditorium Maktabah Universitas Al-Ahgaf.

Sidang tesis yang berjudul “At-Tasyrih wa Naqlul A’dha` Dirasah Muqaranah ma’a Al-Qanun Al-Indunisi (Autopsi dan Transplantasi, Studi Komparatif antara Hukum Fikih dan Undang-Undang Indonesia)” berjalan dengan llbaij selama kurang lebih tiga jam.

Sidang dipimpin lansung oleh Penguj, Dr. Amin Salim Abdullah Bin Utsman, dosen pengajar Fiqh Muqaran di Universitas Sewun, Dr. Al-Habib Abdurrahman As-Seggaf, pembimbing tesis dan dosen pengajar Fiqh wa Ushulu di Universitas Al-Ahgaf dan Dr. Al-Habib Alwi Bin Abdul Qadir Al-Aydrus, pengajar bidang Fiqh Wa Ushuluh di Universitas Ahgaf.

Bahkan diakhir sidang, Dekan Fakultas Fiqh Wa Ushuluh, Dr. AlHabib Abdullah Awwad Bin Smaith yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah Universitas Al-Ahgaf juga ikut hadir bersama para dosen lainnya untuk memberikan ucapan selamat dan pujian kepada Tgk.Yunalis.

Sidang ditutup dengan pengumuman kelulusan oleh penguji Dr. Amin Salim, setelah hampir memakan waktu tiga jam membahas tesis yang hebat ini. Para hadirin yang terdiri dari mahasiswa dan dosen tampak sumringah dan bahagia setelah tesis Tgk.Yunalis dinyatakan lulus, terkhusus pelajar Aceh yang juga hadir menyaksikan saudara setanah rencong kami.

Alumnus Dayah Ummul Ayman Samalanga dibawah naungan Waled Nu tersebut berpesan  untuk pelajar Aceh yang sedang belajar di Al-Ahgaff khususnya, agar selalu mujahadah dan bersungguh-sungguh dalam belajar dan meraih tujuan utama yang dijadikan alasan berangkat ke sini dulu, yaitu belajar. Semangat!.

Pelajar Aceh sangat bangga dengan Tgk. Yunalis Abgan B.Sc, M.A. Beliau adalah salah seorang anggota terbaik Wasilah Yaman (Wadah Silaturrahmi Aceh-Hadhramaut). Juga merupakan sosok panutan mahasiswa teladan.

“Banyak hal yang kami lalui dan banyak hal juga yang saya belajar dari beliau. Saya berharap banyak dari pelajar Aceh khususnya untuk mengikuti langkah beliau dalam menuntut ilmu di negeri Seribu Wali, Tarim, Hadhramaut Yaman,” ungkap Tgk. Ahmad Nazir, B.Sc, salah satu Dewan Konsultan Wasilah Yaman yang sedang menempuh Studi Magister di Universitas Seiyun.

Tgk. Yunalis Abgan memulai perjalanan menuntut ilmu agama di Dayah Ummul Ayman, Samalanga, Kabupaten Bireuen, di bawah naungan Tgk. H.Nuruzzahri Yahya atau yang lebih dikenal dengan Waled Nu Samalanga.

Dia menyelesaikan pendidikan formal sampai jenjang Madrasah Aliyah di tempat yang sama sebelum melanjutkan studinya ke Universitas Al-Ahgaf Yaman pada tahun 2012 dengan beasiswa dari kampus.

Ia menyelesaikan jenjang S1 jurusan Syariah dengan baik pada tahun 2017 dan kemudian melanjutkan studi pascasarjana S2 di Universitas yang sama dalam bidang Fiqh Wa Ushuluhi.

Setelah tiga tahun, pada penghujung tahun ini, ia berhasil meyelesaikan program studi magisternya di Universitas yang terkenal Syadid dan ketat tersebut. Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi kami warga Aceh yang sedang menempuh pendidikan di Yaman.

Selain itu, ia juga lulusan Jurusan Hadis di Institut Darul Ghuraba, Ilmu Qira’at Arba’ah di Lembaga Zawiyah Al-Aydrus dan Diploma Bahasa Inggris di Institute At-Tafawwuq Hawi.

Selain itu, ia juga aktif menulis dan sering menjadi narasumber di berbagai seminar-seminar kepenulisan. Beberapa karyanya yang sudah diterbitkan: Tanyakan Aku Seputar Mazhabmu dan Hadhramaut Negeri Impian.

Media massa sudah sangat familiar dengan tulisan-tulisannya. Serambi News.com, Tribun Surabaya.news, Portal Bireuen, Kabarbireuen.com, Tribun Timur, Redaksi Aceh Satu adalah sebahagian besar media yang pernah dihiasi tinta mutiaranya.

Selain itu, Founder komunitas Ahgaf Menulis ini juga sangat aktif dalam berbagai organisasi. Ia pernah menjabat sebagai Pengurus Intensive English Care Center AMI Al-Ahagff 2014-2015, Penanggung jawab Buletin Al-Azkar PCI-NU Yaman 2015-2016, Koordinator Lajnah Ta`lif Wa Nasyr LTN PCI-NU Yaman 2015-2016.

Pengurus Departemen Dana Sosial PPI Hadhramaut 2015-2016, Perwakilan Network of Internasional Education and Training for Aceh dari Yaman 2018, Bendahara Umum PPI Yaman 2018-2019, Konsultan OPISI 2018-2019, Konsultan Forum Lingkar Pena (FLP) Yaman 2019-2020, Konsultan Wasilah Yaman (sampai sekarang) dan lain-lain.

Universitas Al-Ahgaff merupakan salah satu universitas ternama di Republik Yaman yang berlokasi di provinsi Hadhramaut, provinsi terbesar di Yaman. Universitas ini termasuk salah satu dari anggota Liga Arab.

Universitas ini adalah universitas favorit bagi mahasiswa dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Universitas ini memiliki beberapa fakultas, diantaranya adalah Fakultas Syariah dan Hukum. Dan Fakultas ini menjadi fakultas favorit mahasiswa Indonesia di sini. (M. Ulul Azmi/pelajar asal Bireuen di Universitas Al-Ahgaff, Yaman)