KABAR BIREUEN- Menjelang pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) KTNA XV 2017 pada 6 Mei 2017 mendatang, Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS bersama Polresta Banda Aceh, terus meningkatkan keamanan.

Smpai menjelang hari H, melaksanakan patroli gabungan dan operasi cipta kondisi di malam hari di wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Komandan Kodim (Dandim) 0101/BS Letnan Kolonel (Letkol) Inf Iwan Rosandriyanto, S.I.P melalui  teleponnya, Senin (24/4/2017) pagi menerangkan, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan situasi yang aman dari segala bentuk pelanggaran hukum.

Sehingga dapat mewujudkan kenyamanan bagi warga masyarakat.

“Saat Penas nanti banyak tamu dari seluruh Indonesia akan datang berkunjung ke Aceh khususnya Banda Aceh dan Aceh Besar. Oleh karena itu keamanan dan kenyamanan lingkungan harus kita tingkatkan,” terang Dandim.

Sabtu (23/4/2017) malam, mengawali kegiatan pukul 23.00 WIB seluruh personel gabungan melaksanakan apel kesiapan.

Apel kesiapan tersebut, juga diikuti Ws. Pasiops Kodim 0101/BS Mayor Arh Gayoni Amin, S.Ag, Danramil 14/Baiturrahman dan para Perwira di jajaran Polresta Banda Aceh

Sementara itu, Kabag Ops yang memimpin patroli tersebut menjelaskan, bahwa sasaran utama operasi kali ini adalah menertibkan aksi balapan liar para geng-geng motor di beberapa titik dalam Kota Banda Aceh yang kerapkali meresahkan masyarakat.

“Sudah banyak laporan dan keluhan masyarakat terhadap aksi-aksi balapan liar, dan ini akan kita tertibkan,” ujar Kabag Ops di hadapan personel gabungan

Kompol Sujatmiko juga mengingatkan dan memerintahkan kepada seluruh personel gabungan, agar dalam melaksanakan tugas memperhatikan faktor keamanan serta menggunakan cara-cara persuasif untuk membubarkan aksi balapan liar tersebut

“Karena aksi balapan liar kerap dilakukan pada saat menjelang tengah malam, diantaranya berlokasi di jalan Hasan Batoh, jalan Ulee Kareng, Jalan Baru Syiah Kuala, dan jalan Ulee Lheue Banda Aceh,” terang Sujatmiko.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Komitmen bersama antara Dandim 0101/BS dengan Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T. Saladin saat menggelar rapat koordinasi pengamanan Penas di Mapolresta Banda Aceh, 21 April 2017 lalu.

“Adapun personel gabungan yang dilibatkan berjumlah 200 orang, terdiri dari 20 orang personel Kodim 0101/BS dan 180 orang personel Polresta Banda Aceh,” terangnya. (REL)

BAGIKAN