KABAR BIREUEN – Pemuda dan Remaja Dusun Kommes, Gampong Bireuen Meunasah Capa, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, sukses menggelar aneka lomba dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, Minggu (18/8/2019).

Kegiatan lomba selama sehari ini dilaksanakan di lapangan sepak bola mini samping kantor PU lama Jalan Gayo, Simpang Empat Bireuen. Disaksikan ratusan warga desa setempat.

Mereka juga tampak antusias dan bersorak-sorai menyemangati para peserta lomba Ku Ue, Teumampoe Breuh, Panjat Pinang, Balap Karung, Makan Kerupuk, Balap Kelereng dan Tarik Tambang.

Perlombaan ini melibatkan peserta putra putri, terdiri dari usia tua muda, remaja dan anak-anak, khusus warga gampong setempat meliputi 3 dusun.

Ketua panitia pelaksana, Mahyar Saputra, kepada wartawan mengatakan, perlombaan ini untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019.

Selain itu, katanya, juga untuk mempererat siraturahmi dan kebersamaan antar warga Gampong Bireuen Meunasah Capa, sehingga kedamaian selalu terjaga.

“Tahun ini kita angkat tema Kegiatan Yang Mengedepankan Kebersamaan Warga Antar Generasi Serta Kegiatan Anak-anak Yang Bersifat Mengembangkan Daya Kreatifitas Dan Sportifitas,” katanya.

Dikatakannya, ada dua batang disediakan dalam lomba tersebut, batang pinang dari Bank Aceh berhasil dipanjat oleh pemuda Dusun Kommes.

Sementara batang pinang dari pemuda Kommes diraih oleh remaja Kommes.

Lomba Ku Ue memakai daster (kukur kelapa dengan alat tradisional), juara 1 diraih Asmalawarni, juara 2, Mala dan juara 3, Suhera.

Lomba Teumampoe Breuh Ija Kroeng Pria, juara 1, diraih Sam, juara 2, Midi dan juara3, Wandi. Juara tarek tambang juara 1 Capa Utara dan juara 2, Capa Tengah.

“Lomba makan kerupuk, juara 1, Rifki, juara 2, Elva dan juara 3, Aditiya. Lomba balap kelereng, juara 1, Nalsabila, juara 2, Aditiya dan juara 3, Salsabila,” sebutnya.

Lomba balap karung perempuan, juara 1 diraih Cut Nisa, juara 2, Shinta dan Juara 3, Nafis. Lomba balap karung putra, juara 1, M. Ikhsan, juara 2, M. Zulkifar dan juara 3, Renal. (Ihkwati)

 

BAGIKAN