KABAR BIREUEN-Gampong Buket Teukueh tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)  XXXV tingkat Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Tahun 2021.

Kegiatan dengan mengusung tema “Satukan Tekad Dan Semangat Menggapai Prestasi Dalam Ajang MTQ Untuk Membangun Bireuen Sebagai Kota Santri”, direncanakan berlangsung selama lima hari (5-9/4/2021), di Dayah Terpadu Jami’ah Az Zanjabil, gampong setempat.

Camat Kota Juang Drs Jalaluddin, M Si, kepada wartawan di Sekretariat panitia MTQ Kota Juang, Sabtu (3/4/2021), mengatakan, MTQ ini sebagai ajang seleksi mencari qari-qariah terbaik yang akan menjadi utusan Kecamatan Kota Juang ketingkat Kabupaten Bireuen.

Melalui ajang MTQ ini diharapkan akan lahir peserta terbaik yang mampu bersaing mewakili Kecamatan Kota Juang hingga ke tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.

“Apresiasi dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga pelaksanaan kegiatan nantinya berjalan lancar dan sukses, seperti yang kita harapkan,” ujar Camat Kota Juang.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Pelaksana Kegiatan, Adnan Adam, menyebutkan, hingga hari ini sudah ada 120 qari-qariah yang terdaftar sebagai peserta.

Peserta tersebut berasal dari 23 gampong dalam 4 Kemukiman yang ada di Kecamatan Kota Juang, yaitu Kemukiman Geudong, Bireuen, Geulanggang Raya dan Cot Kupula.

Disebutkan, para peserta mengikuti cabang Tartil tingkat kanak-kanak putra – putri, Tilawah Qur’an kanak-kanak putra – putri, Tilawah Qur’an remaja putra – putri, dan Tilawah Qur’an dewasa putra – putri.

Kemudian, Qira’at Al-Qur’an Murattal remaja dan dewasa, Qira’at Al-Qur’an Mujawwad dewasa.

Selanjutnya, Hafidz Qur’an 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz. Tafsir Bahasa Inggris. Fahmil Qur’an, Sharhil Qur’an. Khatil Qur’an dan Musabaqah Makalah Ilmiah Al-Qur’an. (Herman Suesilo).