KABAR BIREUEN-Setelah beberapa tahun mengeyam pendidikan di Universitas Al-Ahgaff, pada Kamis (27/08/2020) lalu, dua mahasiswa asal Aceh diwisuda di universitas ternama di Yaman tersebut.

Prosesi wisuda yang dilaksanakan di Auditorium utama Universitas Al-Ahgaff melantik 71 wisudawan yang berasal dari berbagai negara. 52 mahasiswa dari Indonesia, 13 mahasiswa dari Yaman, 4 mahasiswa dari Thailand, dan 2 mahasiswa dari Somalia.

Dua dari wisudawan Indonesia merupakan putra kelahiran Aceh yaitu Ahmad Nazir B.Sc putra asal Bireuen dan Suarto Lembong putra asal Aceh Singkil.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Prof. Al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun selaku rektor di Universitas tersebut. Selain itu, turut hadir dalam acara tersebut Ustadz Abdullah Awadh bin Smith selaku Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, segenap civitas Universitas, dan seluruh mahasiwa lintas negara.

Prof. Al-Habib Abdullah Baharun, dalam sambutannya berpesan kepada seluruh wisudawan untuk senantiasa mengamalkan ilmu yang sudah dipelajari dan tetap meneruskan dakwah Rasulullah SAW dalam menyampaikan syariat Islam kepada kepada seluruh masyarakat.

Sementara itu, Ahmad Nazir B.Sc, wisudawan asal Bireuen, melalui wawancara eksklusif menyampaikan pesannya kepada pelajar-pelajar yang lain, termasuk pelajar Aceh agar selalu semangat dalam belajar. “Jangan putus asa dalam mengadapi semua keadaan, lebih-lebih dengan metode ujian Al-Ahgaff yang terlihat killer dan genggam selalu niat dasar kita pertama kali ketika kita ke sini (Yaman)”, ujar putra kelahiran Bireuen itu.

Acara yang dimulai pada jam 18.45 waktu setempat itu ditutup ketika jam menunjuki pukul 22.00 waktu setempat yang diakhiri dengan salat Isya berjemaah dan makam bersama.

Wisuda berlangsung lancar dan sangat meriah, hal ini diketahui dengan banyaknya para tamu undangan yang hadir, mulai dari masyarakat pribumi hingga beberapa pelajar dari lembaga-lembaga yang tersebar di Hadhramaut.

Selamat kepada seluruh wisudawan. Semoga ilmu yang telah didapatkan berkah dan bermanfaat bagi seluruh umat. Amin. (Martunis Tirmizi/mahasiswa tingkat 2 di Universitas Al Ahagff, alumnus Ummul Ayman Samalanga)

BAGIKAN