KABAR BIREUEN – Dosen IAIN Lhokseumawe, Dr. Danial, M.Ag, kembali menerima awrad untuk ketiga kalinya.

Kali ini, dia menerima penghargaan untuk kategori “The Most Inspiring Leader of Change and Education Figure of The Year” dari Indonesia Achievment Center di di Hotel Santika Premiere Jakarta, Jumat, 13 Maret 2020.

Sebelumnya, mantan Direktur Program Pascasarjana IAIN Lhokseumawe, ini juga sudah pernah menerima penghargaan sebagai Pemimpin Perubahan Inspiratif dan Inovatif Indonesia Bidang Pendidikan dari 7Sky Media yang diserahkan di Surabaya pada 31 Januari 2020 lalu.

Berikutnya, penghargaan Winner Award in Excellence 2020 untuk kategori Excellence in Quality Education of The Year 2020 diterimanya dari Indonesia Development Achievement Foundation. Award tersebut sebagai ucapan terima kasih dan pengakuan atas kinerja, prestasi, dedikasi dan kredibilitasnya selama ini.

Semua penghargaan yang diperolehnya itu, menurut Dr. Danial, M.Ag, atas berkat rahmat Allah SWT, asuhan dan doa orang tua. Selain itu, juga dukungan semua keluarga besar, perjuangan dan kegigihan seluruh staf di pascasarjana serta dukungan penuh dari berbagai pihak.

Karena itu, dia mengaturkan ucapan terima kasih kepada mereka semua.

“Penghargaan ini, sebagaimana penghargaan lain yang pernah saya terima sebelumnya, mengandung makna bagi saya bahwa saya harus menghormati semua kebaikan dan menghargai setiap tetesan keringat, perjuangan, dan pengorbanan semua orang,” ungkap Danial.

Menurut dia, tidak banyak dan tidak pula besar apa yang sudah dilakukannya di pascasarjana khususnya dan IAIN pada umumnya. Apalagi dibandingkan dengan apa yang sudah dilakukan oleh orang-orang besar di kampus-kampus besar.

“Tidak semua hasil yang sama diperoleh dengan proses dan cara yang serupa. Kadang-kadang untuk memperoleh seteguk air di gurun pasir yang gersang, harus berjuang mati-matian. Sementara untuk memperoleh air di daerah tropis, cukup menggerakkan dua jari untuk membuka kran,” begitu Danial mentamsilkannya.

Memang, para pihak yang menganugerahi penghargaan tersebut berpandangan bahwa mereka masih menemukan harapan tentang pemimpin masa depan.

Mereka masih dapat menemukan sesuatu yang paling berharga dan langka yaitu keteladanan, kejujuran, kedisiplinan, inspirasi dan inovasi dari seorang figur bernama Dr. Danial, M.Ag. Padahal, dia mengabdi pada kampus pascasarjana di kota kecil (Lhokseumawe) yang hampir tak terlihat dalam peta besar Indonesia. (REL)

BAGIKAN