Bupati Bireuen Dr Muzakkar A Gani SH MSi/istimewa

KABAR BIREUEN– Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi dan Ajudannya MR dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan pemeriksaan RT-qPCR di Laboratorium Penyakit Infeksi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Berdasarkan Surat Nomor 660/PKU/IX/2020 tanggal 23 September 2020 ditandatangani oleh Kepala Laboratorium Penyakit Infeksi Unsyiah dr RM Agung Pranata K Atmaja, M.Biomed disebutkan sampel kode C.93.12658 dan C.93.12659 atas nama Muzakkar A Gani dan seorang lainnya berinisial MR hasilnya positif.

Kabar orang nomor satu di Kabupaten Bireuen positif terpapar virus corona beredar cepat di kalangan masyarakat dan wartawan di Bireuen sejak Kamis sore (24/9/2020).

Namun pihak terkait, yaitu Kadis Kesehatan setempat dr Irwan dan Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bireuen H. Husaini SH MM awalnya enggan memberi keterangan, bahkan keduanya saling ‘lempar bola’.

“Informasi Covid-19 dibuka satu pintu yaitu melalui Jubir. Jadi tolong dihubungi Juru Bicaranya yaitu Pak Husaini,” pesan Kadis Kesehatan Bireuen dr Irwan melalui pesan whatsapp, Kamis malam (24/9/2020)

Demikian juga jawaban Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Bireuen, Husaini SH MM yang dikonfirmasi wartawan, mengaku belum bisa memastikan kondisi kesehatan Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi.

“Barusan saya hubungi ajudan bapak, dikatakan Bapak Bupati Muzakkar A Gani sudah istirahat,” sebut Husaini.

Kemudian dihubungi kembali pada Jumat (26/9/2020) Husaini baru bersedia memberi keterangan sebenarnya.

“Tadi malam saya belum mendapat informasi dari dokter Irwan (Kadis Kesehatan) jadi tidak tahu kalau sudah keluar hasil swab bapak bupati,” sebut mantan Sekwan Bireuen.

Perkembangan terakhir, lanjut Husaini, kondisi Bupati Muzakkar masih stabil dan sementara menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya.

Sedangkan orang-orang yang pernah kontak langsung dengan Muzakkar sudah diambil sampel untuk swab.

“Para pejabat yang pernah kontak langsung dengan Bapak Bupati sudah di swab dan hari ini sampelnya akan dibawa ke Banda Aceh,” pungkasnya.

Sebelum dinyatakan positif covid-19, Bupati Bireuen Muzakkar A Gani melakukan sederetan kegiatan seperti catatan media ini.

8 September 2020 membuka Bimtek ESQ tahap II untuk keuchik dan tuha peut dalam Kabupaten Bireuen yang diselenggarakan di Banda Aceh.

21 September 2020 memimpin rapat IGA dan sosialisasi Perbup Nomor 35 tahun 2020 di Aula Bappeda Bireuen yang dihadiri sekitar 70-80 peserta

23 September 2020 malam menghadiri acara penyerahan hibah aset Pemkab Bireuen berupa tanah untuk Kemenag yang turut dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Aceh berlangsung di Kantor Kemenag Bireuen.

Untuk sementara, Jumat (26/9/2020) aktifitas di Kantor Kemenag Bireuen dilakukan daring, imbas dari terpaparnya covid-19 Bupati Muzakkar. (Rizanur)

BAGIKAN