KABAR BIREUEN – Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.Si, berpesan pada dewan juri Pra PORA III 2021 Cabang Olahraga Drum Band, agar berlaku adil dan menilai secara objektif terhadap semua peserta.

Bupati Muzakkar A. Gani mewanti-wanti hal tersebut dalam sambutannya saat membuka Pra PORA III Drum Band 2021 yang digelar tanpa penonton di Stadion Cot Gapu, Bireuen, Kamis (26/8/2021) pagi.

“Saya harap kepada dewan juri, agar menilai dengan seadil-adilnya dan penuh tanggung jawab. Perlakukan semua peserta sama dan berhak mendapatkan penilaian dari dewan juri seobjektif mungkin,” pesan Muzakkar.

Begitu juga kepada semua atlet drum band yang akan berlaga di event tersebut, dia mengucapkan selamat bertanding dengan penuh semangat, agar bisa meraih prestasi terbaik. Namun, harus tetap menjunjung tinggi sportifitas.

“Jaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Istirahat yang cukup, sehingga dapat tampil prima dan bisa lolos ke PORA nantinya,” ujar Muzakkar, menyemangati.

Selain itu, karena pelaksanaan Pra PORA ini masih dalam situasi Covid-19, dia juga meminta kepada semua kontingen, agar tetap mengedepankan protokol kesehatan. Harus mematuhi semua ketentuan dan arahan dari panitia, demi kepentingan bersama.

Hal senada disampaikan Ketua KONI Bireuen, H. Muhklis, A.Md. Dia juga mengharapkan kepada semua peserta agar dapat menunjukkan prestasi cemerlang pada ajang Pra PORA Drum Band ini. Sehingga, dapat mengharumkan nama kabupaten/kota masing masing.

“Kepada para pelatih, manajer dan pendamping tim, supaya mengawasi dan membimbing para atlet dengan baik. Jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan,” ujar Mukhlis.

Sementara Ketua Panitia, Drs. M. Nasir, M.Pd dalam laporannya menympaikan, Pra PORA III Drum Band ini diikuti 12 kabupaten/kota di Aceh, dengan jumlah pesertanya sebanyak 336 orang. Acara tersebut berlangsung selama empat hari, 26 hingga 29 Agustus 2021.

Dijelaskannya, jadwal pertandingannya mulai besok, Jumat (27/8/2021) pukul 14.30 WIB hingga selesai, untuk Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) putra 800 meter dan putri 600 meter. Lokasinya di lapangan Paya Kareung.

Selanjutnya keesokan hari, Sabtu (28/8/2021), pukul 08.00 – 18.00 WIB, untuk bidang Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKBB) campuran 2.000 meter sampai 4.000 meter.

Kemudian hari terakhir, Minggu (28/8/2021) digelar Lomba Unjuk Gelar (LUG) di Gedung Olahraga (GOR) Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa. Ini sekaligus penutupan Pra Pora III Drum Band.

“Bersamaan penutupan Pra Pora III Drum Band ini, juga dilaksanakan pemilihan tujuh kabupaten/kota yang lolos dan berhak mengikuti PORA III di Kabupaten Pidie tahun 2022 mendatang,” jelas M. Nasir yang juga Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Bireuen ini.

Pembukaan Pra PORA ini juga ikut dihadiri Ketua Umum PDBI Aceh, Kamaruddin Abu Bakar alias Abu Razak, Wakil Ketua II KONI Aceh Drs. Bakhtiar Hasan, M.Pd dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Acara pembukaan tersebut dilaksanakan tanpa penonton, untuk menghindari kerumunan. Diterapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain kontingen peserta dan panitia ajang pra kualifikasi PORA ini, yang dibenarkan masuk ke stadion hanya sejumlah undangan dan wartawan diberikan badge khusus. (Suryadi /*)