KABAR BIREUEN – Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos secara resmi membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen.

Pembukaan kegiatan ini, berlangsung di Balai Desa Kantor Kecamatan setempat, Rabu (21/8/2019). Ditandai dengan tabuhan rebana dan penyerahan Piagam Penghargaan Gampong Inovasi.

Piagam penghargaan ini diserahkan langsung oleh Bupati Saifannur, kepada beberapa keuchik gampong dalam wilayah Kecamatan Peusangan.

Pada kesempatan itu Saifannur menjelaskan, Bursa inovasi desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di gampong-gampong di lingkup kabupaten.

Bupati berharap, kegiatan Bursa Inovasi Desa ini dapat memberikan manfaat bagi pembangunan di gampong.

Selain itu, mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi gampong salah satunya dengan cara memaksimalkan penggunaan Dana Desa untuk meningkatkan produktivitas masyarakat.

Sehingga, apa yang dijalankan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan dapat mencapai apa yang dicita-citakan bersama.

Sementara itu Camat Peusangan, Erry Seprinaldi, SSTP., S.Sos., M.Si, berharap seluruh gampong bisa mebuat inovasi-inovasi dalam rangka mewujudkan tujuan UU no 6 thn 2014 tentang desa, yaitu agar desa bisa maju, mandiri dan sejahtera.

Menurutnya, perlu adanya produk unggulan desa (Prudes) di seluruh gampong, seperti di Gampong Meunasah Nibong, ada produk pot bunga yang dibuat dari ban mobil bekas dan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades), seperti buah jeruk giri matang di kawasan Gampong Pante Lhong, Kapa dan Gampong Raya serta berbagai Prudes serta Prukades lainnya.

“Banyak inovasi yang telah ada di gampong-gampong dalam wilayah Kecamatan Peusangan. Cuma kendala yang dihadapi selama ini adalah untuk pemasarannya,” kata Camat Erry.

Sebelumnya Ketua TPID Kecamatan T. Mahyudi, melaporkan, kegiatan Bursa Inovasi Desa diIaksanakan bertujuan, selain terpublikasinya potensi inovasi inovasi di Kecamatan Peusangan, juga gampong memilih inovasi yang sesuai dengan penyelesaian masalah dan kendala yang dihadapi di gampong. Selain itu, gampong mengisi kartu komitmen dan kartu ide.

Disebutkannya, kegiatan ini diikuti 250 orang peserta, terdiri dari Keuchik, Tuha Peut, PerwakiIan Perempuan dari 69 Gampong yang ada dalam Kecamatan Peusangan, para Mukim, unsur SKPD.Tenaga Ahli Kabupaten Bireuen, PLD, 7PDP, PDTI, TPID dan Staf Kantor Camat Peusangan dan narasumber tenaga ahli Kabupaten Bireuen. (Herman Suesilo)